28
Feb
11

Purbakala : Piramida Raksasa di Jawa Barat ?

Senin, 28 Februari 2011 | 13:18 WIB
Nasional
Betulkah Ada Piramida Raksasa di Jawa Barat
Sejumlah ahli geologi dan ahli sejarah ikut dalam peburuan Piramida raksasa itu.
Senin, 28 Februari 2011, 10:07 WIB

Wenseslaus Manggut

VIVAnews – Mentari nyaris berada di atas ubun-ubun, saat empat mobil menepi di pinggiran Jalan Raya Soreang-Cipatik, medio Februari 2011. Siang itu, Kampung Badaraksa yang terletak di lereng bukit, kedatangan tamu.

Rombongan itu menyusuri  jalan kecil mendaki di tengah pemukiman penduduk, hendak menuju ke atas puncak Gunung Lalakon, yang terletak di Desa Jelegong, Kecamatan Kotawaringin, Kabupaten Bandung.

Dari Kampung Badaraksa yang berada di ketinggian sekitar 720 m di atas permukaan laut, mereka bergegas naik memutari bukit dari bagian selatan ke barat.

Sambil membawa berbagai peralatan dan beberapa gulungan besar kabel, rombongan membelah hutan gunung. Derap langkah kaki mereka seolah berkejaran dengan ritme suara jengkerik, dan tonggeret di kanan-kiri.

Tim yang terdiri dari sekelompok pemuda dan para peneliti itu, akhirnya sampai di puncak setinggi 988 meter dari permukaan laut.

Kabel direntang. Tim mulai memasang alat geolistrik yang mereka bawa. Sebanyak 56 sensor yang dipasangi altimeter (alat pengukur ketinggian) diuntai dari puncak bukit ke bawah lereng, masing-masing berjarak lima meter, dicatu oleh dua aki listrik.

Alat-alat itu berfungsi mendeteksi tingkat resistivitas batuan, dan bisa digunakan menganalisa struktur kepadatan batuan hingga ratusan meter ke bawah.  “Tujuan kami saat itu mengetahui apakah ada bangunan tersembunyi di dalam gunung,” kata Agung Bimo Sutedjo, kepada VIVAnews, di Jakarta, Selasa, 15 Februari 2011.

Liputan Sorot Soal Piramida Itu Baca di Sini


• VIVAnews

Senin, 28 Februari 2011 | 13:24 WIB
Nasional
SOROT 124
Menjelajah Jejak Piramida Raksasa
Sejumlah tempat di nusantara diduga menyimpan piramida dari masa silam. Di mana saja?
Senin, 28 Februari 2011, 12:40 WIB

Nezar Patria

VIVAnews–Sekelompok orang peminat arkeologi dan sejarah memburu peradaban masa silam di nusantara. Turangga Seta, demikian nama kelompok itu, menyatakan ada ratusan gunung piramida di Indonesia.

“Tingginya tak kalah dari piramida Giza di Mesir yang cuma 140-an meter,” kata Agung Bimo Suredjo, salah seorang pegiat Turangga Seta. Mereka melakukan penjelajahan ke sejumlah bukit dan gunung, termasuk Gunung Lalakon di Kotawaringin, Bandung.

Pernyataan mereka ini mengernyitkan dahi banyak kalangan. Tapi, Turangga Seta tak mau asal bicara. Mereka bahkan mengajak sejumlah geolog ternama untuk menguak secara ilmiah isi bukit yang mirip piramida itu.

Lalu, benarkah gunung dan bukit kita menyimpan piramida yang mirip dengan temuan di Mesir dan suku Maya? Simak hasil uji geolistrik atas bukit piramida itu di SOROT 124, Infografik: Menjelajahi Jejak Piramida.

Baca juga cerita lengkap ihwal piramida itu di SOROT 124:

Berburu Piramida Nusantara

Nusantara Memendam Atlantis?

• VIVAnews

Gunung mirip piramida

About these ads

0 Responses to “Purbakala : Piramida Raksasa di Jawa Barat ?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 2,191,903 hits

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 121 other followers

%d bloggers like this: