12
Jan
11

Hikmah : Hukum Hubungan Muslim – Non Muslim

Begini Lo, Hukum Menjalin Hubungan dengan Non-Muslim

Sabtu, 25 Desember 2010, 11:00 WIB

Detroit Free Press

Begini Lo, Hukum Menjalin Hubungan dengan Non-Muslim

Micki Grossman, kiri, seorang Yahudi dan Gigi Salka (kanan) seorang Muslim bersama-sama menjadi relawan membantu umat Kristen miskin rayakan Natal.

REPUBLIKA.CO.ID, Keberagaman lahir di tengah masyarakat. Dalam keberagaman ini, Muslim tak hanya berinteraksi dengan saudaranya sesama Muslim tapi juga menjalin hubungan dengan mereka yang beragama lain, non-Muslim.

Sayyid Sabiq dalam bukunya yang terkenal Fiqih Sunnah, mengatakan, hubungan Muslim dengan non-Muslim adalah hubungan saling mengenal dan menolong serta dalam hal kebaikan dan keadilan. Ia memperkuat argumentasinya dengan menyampaikan apa yang tersurat dalam Al-Hujarat ayat 13 dan Al-Mumtahanah ayat 8.

Dalam Surat Al-Hujarat ayat 13, Allah SWT menyatakan, Dia telah menciptakan manusia terdiri atas jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Juga menjadikan manusia berbangsa-bangsa serta bersukusuku untuk saling mengenal. Dan, orang yang paling mulia di sisi Allah adalah mereka yang paling bertakwa.

Sedangkan dalam Al-Mumtahanah ayat 8, diungkapkan “Allah tidak men cegahmu berbuat baik kepada mereka yang tidak memerangimu dan tidak mengusirmu dari tempat tinggalmu dan kamu berbuat adil terhadap me reka. Sesungguhnya, Allah mencintai orang-orang yang berbuat adil.” Dalam hubungan ini, jelas Sayyid Sabiq, mestinya muncul kemaslahatan dan manfaat, serta sebagai medium mempererat hubungan kemanusiaan. Motifnya pun seharus
nya dalam upaya mewujudkan perdamaian, pergaulan, dan bermasyarakat yang baik serta saling menolong atas dasar kebaikan dan takwa. “Inilah yang diserukan Islam,” katanya.

Ia menguraikan tentang jaminan kebebasan bagi non-Muslim. Muslim tak memaksa seseorang meninggalkan agamanya atau menganut ideologi tertentu. Menjadi hak ahli kitab melaksanakan syiar agama mereka. Islam juga membolehkan mengunjungi mereka, menjenguk, memberikan hadiah, berjual beli, dan melakukan muamalah lainnya.

Sementara itu, Yusuf Al-Qaradhawi dalam Halal dan Haram, menuturkan, tak ada salahnya kaum Muslim baik sebagai pemerintah maupun rakyat biasa, meminta bantuan kepada orang selain Islam dalam bidang pengetahuan, yang tak ada hubungannya dengan persoalan agama. Bisa saja dalam bidang kedokteran, perindustrian, dan pertanian.

Namun, ia menegaskan akan lebih baik jika umat Islam mampu mandiri dalam bidang itu. Pada masa awal perkembangan Islam, Rasulul lah menggaji Abdullah bin Uraiqith, seorang musyrik, untuk memandunya dalam perjalanan hijrahnya. Sebaiknya, meminta bantuan kepada mereka yang mempunyai niat baik kepada umat Islam.

Sayyid Sabiq menambahkan, ketika non-Muslim tak lagi bersikap baik, dengan menyatakan permusuhan dan perang, pemutusan hubungan dengan mereka menjadi persoalan agama dan sebuah kewajiban.

Red: Siwi Tri Puji B
Rep: Ferry Kisihandi

Hikmah: Pengkhianatan Setan

Rabu, 12 Januari 2011, 07:09 WIB

.

Hikmah: Pengkhianatan Setan

Memohon perlindungan Allah dari gudaan setan yang terkutuk

Oleh EH Kartanegara***

Hanya Alquran yang mampu membuka rahasia-rahasia besar yang pasti akan terjadi di akhirat kelak. Salah satunya adalah pengkhianatan setan secara terbuka kepada para pengikutnya yang, dalam Kitab Suci disebutkan, dalam keadaan hina, putus asa, terlunta-lunta, dan tanpa pembela.

Saat perkara hisab telah diselesiakan, berkatalah setan, “Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan aku pun telah menjanjikan kepadamu namun aku menyalahinya.
Sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekadar) aku menyeru kamu lalu kamu mematuhi seruanku. Oleh sebab itu, janganlah kalian mencerca aku. Cercalah diri kalian sendiri.
Aku sekali-kali tidak dapat menolong kalian dan kalian pun sekalikali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatan kalian mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu.” (QS Ibrahim [14] : 22).

Sungguh terkutuk itu setan. Apakah kita, manusia, tidak tahu? Sejak Nabi Adam AS sampai menjelang kiamat kelak, tak ada manusia yang tak tahu setan itu memang penipu dan pengkhianat besar.

Manusia menjadi tumbal setan, karena pada hakikatnya manusia itu makhluk lemah. Mudah sekali dirayu, digoda, dan akhirnya dikuasai setan. Terlebih lagi jika setan sudah merasuk ke dalam tubuh kita. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya setan itu mengalir dalam diri anak Adam laksana aliran darah.” (HR Bukhari dan Muslim).

Di zaman teknologi digital serba canggih sekarang ini, kata Dr `Aidh Al-Qarni, jurus tipuan setan juga lebih canggih dari kemampuan kita untuk menangkalnya. Begitu canggih, begitu lihai, begitu halus tipuan setan, sampai-sampai kita tidak sadar mengikuti pola pikir dan tingkah laku persis setan.

Segala kesenangan hidup­ industri hiburan yang mengepung kita, misalnya-menjadi media mengasyikkan bagi setan untuk mejerumuskan manusia. Dalam Virus of the Mind, Richard Brodie mengingatkan, virus kejahatan yang menyebar lewat dunia hiburan mudah sekali merusakkan akal budi kita. Ketika akal budi runtuh, setan berjaya membangun singgasananya dalam hati dan pikiran kita.

Dengan masygul Rasulullah SAW menasihati kita agar berhatihati benar pada segala kesenangan dunia. Sebab, di situlah setan bersembunyi menjebak kita.
Hanya Allah yang mampu melindungi kita agar selamat dari segala tipu daya setan. “Jika engkau ditimpa suatu godaan setan, maka berlindunglah pada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS Al-A’raf [7] : 200).

Dimuat di Republika

About these ads

0 Responses to “Hikmah : Hukum Hubungan Muslim – Non Muslim”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 2,002,048 hits

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 108 other followers

%d bloggers like this: