30
Sep
10

PusKesMas : Menu Hidup Sehat

Kamis, 30/09/2010 15:18 WIB

Buah dan Sayur

Eka Septia Wulan – detikFood

Jakarta – Sayur dan buah memiliki peranan yang cukup penting menjaga metabolisme tubuh manusia. Tapi apakah Anda sudah mencukupi kebutuhan sayur dan buah setiap harinya? Ada beberapa hal penting yang bisa dilakukan untuk meningkatkan asupan nutrisi dari buah dan sayur. Temukan jawabannya di sini!

Kalau ada yang bertanya apakah jumlah sayur dan buah yang dikonsumsi setiap hari sudah cukup, pasti banyak yang menjawab ‘sudah’. Padahal sayuran ataupun buah yang dimakan belum tentu memenuhi jumlah yang seharusnya dikonsumsi setiap hari. Sayur dan buah paling baik dikonsumsi adalah jenis yang organik.

Selain meminimalisir pestisida yang mungkin terbawa dalam sayur dan buah, produk-produk organik memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi. Sebagai contoh tomat organik memiliki phytochemical 30% lebih banyak dibandingkan tomat biasa. Namun sayangnya, harga buah dan sayur organik cenderung lebih mahal. Anda bisa menyiasati mencari kebutuhan nutrisi pad abuah dan sayru dengan cara, sebagai berikut:

1. Pilih Buah dan Sayur dengan Warna yang Mencolok
Sayur dan buah yang memiliki warna-warna mencolok biasanya mengandung antioksidan yang tinggi. Salah satu contohnya adalah lettuce merah, bayam merah, wortel dengan warna yang lebih gelap biasanya memiliki phytocemical yang lebih tinggi.

2. Ukuran Bukan Tolak Ukur
Kalau memilih membeli buah seperti jeruk atau tomat, tanpa sadar kita selalu memilih yang besar. Padahal belum tentu buah yang besar memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak. Sedangkan ukuran yang lebih kecil memungkinkan sekali kalau kandungan konsentrat vitaminnya jauh lebih besar.

3. Kurangi Memasak Sayur dan Buah
Beberapa jenis buah dan sayur akan kehilangan nutrisi ketika sudah diolah. Salah satu contohnya adalah brokoli dan juga wortel, kedua jenis sayur tersebut lebih baik dikukus.

4. Simpan Buah dan Sayur Tidak Lebih dari Seminggu
Buah dan Sayuran memang bisa awet jika di simpan dalam lemari es. Tapi sayangnya nutrisi nya pun akan berkurang setiap harinya. Pastikan selalu sayuran dan buah yang Anda konsumsi dalam keadaan segar, jika Anda membeli dalam jumlah besar pastikan sayur dan buah tersebut tidak disimpan lebih dari satu minggu di dalam lemari es agar nutrisinya masih bisa diambil.

5. Kurangi Pengupasan
Ada beberapa jenis sayuran dan buah yang bisa dikonsumsi dengan kulitnya sekaligus. Ada baiknya tidak mengupas kulitnya karena akan mengurangi nutrisi buah dan sayuran.

6. Kombinasikan Sayur dalam Memasak
Kadang kita terlalu terpaku dengan satu jenis sayur saja dalam memasak. Cobalah mencampurkan beberapa jenis sayur dalam satu menu masakan. Selain tidak bosan, nutrisi yang didapat juga lebih banyak.

7. Beli Langsung kepada Petani
Membeli sayuran dan buah langsung kepada petaninya akan jauh lebih aman. Karena sayur dan buah tersebut pastinya sudah dalam kondisi siap panen. Dan kondisinya tentu saja masih dalam keadaan segar.

( eka / Odi )

enin, 27/09/2010 17:01 WIB

Crab Stick

Eka Septia Wulan – detikFood
Crab Stick Bisa Jadi Pengganti Ikan?

Crab Stick bisa jadi pengganti Ikan ?

JakartaCrab stick biasa dijumpai di resto-resto Jepang. Tidak hanya itu saja, banyak orangtua yang memilih memberikan anak-anak mereka crab stick karena lebih praktis dibandingkan ikan dan harganya juga lebih murah dibandingkan tuna dan salmon. Benarkah demikian?

Crab stick atau surimi dalam bahasa Jepang adalah salah satu jenis makanan berbahan dasar ikan yang cukup populer akhir akhir ini. Hampir di semua resto Jepang dan juga Cina menggunakan bahan makanan ini. Crab stick pun dijual di pasar swalayan dengan berbagai merk dagang.

Crab stick
bisa dijumapi di jenis-jenis makanan seperti sushi, sup, ramen, dan makanan berkuah lain. Rasa crab stick ini kenyal empuk, cukup enak untuk makanan yang berkuah. Penggunaan crab stick di beberapa resto adalah untuk menyiasati biaya yang harus dikeluarkan apabila harus menggunakan ikan sejenis tuna atau salmon.

Namun, ada juga kekhawatiran yang menghantui para orang tua. Seperti halnya di New Zealand, surimi atau crab stick menjadi ‘seafood’ yang cukup populer karena harganya yang relatif lebih murah. Lantas, apakah kandungan nutrisinya akan tetap sama dengan ikan?

Kelsey Woodcock, seorang ahli nutrisi di New Zealand Nutrition Foundation mengatakan bahwa ikan adalah sumber protein hewani yang sangat baik. Khususnya menjadi sumber asam lemak omega-3. Sedangkan crab stick berasal dari potongan daging ikan yang dipadukan dengan bahan lainnya.

Kandungan ikan dalam crab stick biasanya hanya sekitar 40-45%, sisanya adalah gula, garam, minyak, perasa, dan tepung. Crab stick bisa menyumbangkan protein untuk tubuh, tapi hanya dalam jumlah yang sangat kecil. Sedangkan kandungan garamnya cukup tinggi. Crab stick bisa jadi alternatif pengganti ikan, hanya saja frekuensinya tidak boleh berlebihan. Apalagi kalau untuk dikonsumsi anak-anak.

( dev / Odi )

Kamis, 23/09/2010 18:59 WIB

Serat

Eka Septia Wulan – detikFood
Serat Tidak Menurunkan Berat Badan
Serat Tidak Menurunkan Berat Badan

Jakarta – Banyak yang menduga dengan mengkonsumsi serat yang banyak setiap hari, bisa menurunkan berat badan. Padahal memperbanyak serat tidak lantas membakar lemak dan menurunkan berat badan secara drastis. Lantas apa hubungan keduanya?

Banyak orang beranggapan jika mengkonsumsi serat dalam jumlah banyak bisa menurunkan berat badan. Karena beberapa program diet memasukkan sayuran sebagai menu wajib selama menjalani program diet. Padahal bukan itu yang dimaksudkan sebagai tujuan utamanya.

Serat memang sangat baik dikonsumsi apalagi untuk mereka yang tengah menjalankan program diet. Bukan karena serat dapat membantu menurunkan berat badan, tapi lebih kareba serat bisa membantu pencernaan bekerja lebih baik. Selain itu, serat dapat membuat Anda merasa kenyang lebih cepat. Sehingga jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh jauh lebih sedikit.

Tapi jika Anda mengkonsumsi serat namun jumlah kalori yang masuk juga tinggi, belum tentu juga serat ini akan membantu Anda menurunkan berat badan. Kebutuhan serat harian bisa didapat dari sayuran, buah-buahan, dan juga biji-bijian. Jika takut bosan, Anda bisa mengkombinasikan menu makan Anda agar mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Serat yang dimakan bersamaan dengan karbo ataupun makanan yang mengandung sedikit gula, bisa memperlambat proses pencernaan. Dan akan membuat Anda cepat merasa puas dengan apa yang telah dimakan atau merasa kenyang. Penelitian di Tufts University menemukan fakta bahwa wanita yang melakukan diet 2000 kalori dan mengkonsumsi serat dua kali lipatnya (dari 14 gr menjadi 28 gr per hari) ternyata bisa menurunkan sekitar 4 kilogram dalam empat bulan.

Jika Anda bukan termasuk orang yang suka dengan sayur, bisa mendapatkan asupan serat dari oatmeal, biji-bijian, jus buah, dan juga salad.

( eka / Odi )

Selasa, 21/09/2010 17:36 WIB

Batasi Garam

Eka Septia Wulan – detikFood
Cara Praktis Batasi Konsumsi Garam
Cara Praktis Batasi Konsumsi Garam
Foto: angelans.blogspot.com

Jakarta – Banyak yang bilang, makanan tanpa garam hambar rasanya. Meskipun begitu, jumlah garam yang masuk ke dalam tubuh ada baiknya dibatasi jumlahnya. Bukan saja untuk masakan, tapi juga perhatikan camilan-camilan Anda yang juga mengandung garam.

Apakah Anda mengkonsumsi banyak garam? Mungkin Anda merasa tidak mengkonsumsi terlalu banyak dalam masakan Anda. Tapi jangan sampai Anda melupakan camilan yang Anda konsumsi setiap hari. Berapa kadar garam yang terdapat didalamnya. Kalau tidak diperhatikan dengan benar, bisa jadi tubuh kelebihan garam yang mengakibatkan gangguan hipertensi.

Tanpa kita sadari, 75% jumlah garam yang masuk ke dalam tubuh kita berasal dari makanan yang kita beli diluar. Baik itu menu makan besar ataupun makanan ringan sehari-hari. Penumpukan jumlah garam dalam tubuh bisa meningkatkan tekanan darah, dan hal ini bisa memicu terjadinya serangan jantung dan juga stroke.

Jumlah garam yang seharusnya masuk ke dalam tubuh tidak lebihd ari 6gr (kurang lebih satu sendok teh) per harinya. Tapi yang perlu diperhatikan adalah, bukan jumlah garam yang kita masukkan ke dalam masakan saja. Tapi juga garam yang ada di makanan olahan ataupun camilan sehari-hari, seperti roti, sereal, snack, saus, dll.

Kalau ternyata Anda termasuk orang yang doyan ngemil, sebaiknya lebih berhati-hati. Sebenarnya tidak sulit untuk mengurangi jumlah konsumsi garam setiap hari. Banyak cara sederhana bisa Anda lakukan untuk menguranginya. Mulai dari mengurangi jumlah makanan asin atau belajar untuk menyukai makanan yang tawar rasanya.

Untuk Anda yang suka dengan camilan, perhatikan label yang tertera pada bagian belakang kemasan. Pilihlah jenis camilan yang mengandung garam paling rendah. Selalu bandingkan kandungan garam dalam produk-produk serupa yang akan Anda beli. Pastikan jumlahnya serendah mungkin agar jumlah garam yang Anda konsumsi tidak berlebihan. Tidak sulit bukan?

( eka / Odi )

Jumat, 17/09/2010 16:45 WIB

Cegah Batu Ginjal

Eka Septia Wulan – detikFood
Makan Sayur Cegah Batu Ginjal
Makan Sayur Cegah Batu Ginjal

Jakarta – Mengkombinasikan menu makanan sehat dalam diet harian ternyata tak hanya bisa menurunkan berat badan saja. Tapi juga bisa menurukan tekanan darah sekaligus mencegah terserang penyakit batu ginjal. Apa saja jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi? Simak infonya di sini!

Diet kini tak hanya untuk mereka yang ingin menurukan berat badan saja. Tapi juga dijalankan oleh mereka yang ingin hidup lebih sehat. Menghindari penyakit jantung, menurunkan kadar gula, tekanan darah, hingga mencegah terserang penyakit batu ginjal.

Para peneliti di Amerika memeriksa dampak Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) diet. Program diet ini hanya menganjurkan makan makanan seperti buah-buhan, sayuran, kacang-kacangan, semua produk susu, daging merah, dan kurangi makanan manis.

Para peneliti menganalisa contoh urin selama 24 jam kepada 3.426 orang dengan catatan kesehatan ginjal yang baik. Meskipun asupan cairan yang masuk memiliki jumlah yang sama, tapi mereka yang mengikuti diet DASH urin yang dihasilkan lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak. Urin yang dihasilkan lebih banyak karena asupan makanan tersebut mengandung kadar air yang tinggi.

Hasil studi menyatakan, kalau urin yang dihasilkan diet DASH ini memiliki sitrat dengan kadar yang tinggi. Yaitu, kalsium penting yang menghambat proses terjadinay batu ginjal. Selain itu, dua jenis makanan utama diet DASH-susu rendah lemak dan sayuran, dapat mencegah terjadinya pengendapan batu ginjal. Hasil penelitian ini muncul di dalam jurnal Clinical Journal of the American Society of Nephrology.

Nah, agar tidak tidak terkena penyakit batu ginjal Anda bisa mulai mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung kadar air yang tinggi dan tentu saja olah raga teratur.

( eka / Odi )

Rabu, 29/09/2010 14:12 WIB

6 Nutrisi Seks

Eka Septia Wulan – detikFood
6 Nutrisi untuk Seks Lebih Dahsyat

Jakarta – Gairah bercinta menurun akhir-akhir ini? Hmm..bisa jadi gara-gara makanan yang Anda konsumsi tidak menunjang. Makanan yang cukup bernutrisi ternyata bisa mendongkrak gairah seks. Apa saja yang sebaiknya dimakan dan dihindari?

Kehidupan seks yang lesu bisa membuat gairah kerja juga meredup. Banyak orang mengatakan kalau kehidupan seks  bisa dipengaruhi oleh makanan. Meskipun tak langsung, tapi hal ini bisa dilihat jika tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang
baik, kehidupan seks  juga akan lebih baik. Selain itu, faktor pikiran pun mempunyai peranan yang penting.

1. Kehidupan Seks Tergantung dari Nutrisi yang Baik
Fungsi saraf yang baik, hormon yang stabil, aliran darah yang lancar sangat membantu kinerja seksual Anda. Agar ketiga sistem ini bekerja dengan baik, sebaiknya mengkonsumsi makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan karbohidrat kompleks dan buah serta sayur secara teratur. Menu seperti ini akan memberikan asupan protein, vitamin, dan mineral yang cukup untuk tubuh. Jeruk adalah salah satu buah yang memiliki peranan penting karena vitamin C yang dikandungnya dapat memperkuat dinding pembuluh darah. Sedangkan produk susu rendah lemak, biji-bijian, sayuran hijau, oatmeal, mampu menjaga membran selaput reproduksi wanita.

2. Vitamin E dan Fungsi Seksual
Banyak ahli mengatakan kalau  vitamin E berperan cukup penting. Tanpa adanya pasokan vitamin E yang didapat dari minyak, margarin, kacang, biji-bijian, sayuran hijau, dan oatmeal, fungsi seksual bisa saja terganggu gairah pun menurun.

3. Jangan Terlalu Lelah

Kelelahan dan depresi adalah penyebab yang umum terjadi pada masyarakat perkotaan, dan biasanya juga menjadi penyebab paling umum untuk masalah sesksual. Hal ini bisa diakibatkan oleh kurangnya gerak tubuh alias olah raga. Dengan olah raga teratur dapat merangsang produksi endrophin (zat kimia otak mood-elevating). Cepat lelah, dan lesu bisa juga disebabkan oleh anemia. Kekurangan zat besi dalam tubuh bisa menyebabkan anemia dan juga kelelahan. Untuk mengatasinya cukupi kebutuhan zat besi Anda dengan mengkonsumsi daging, ikan dan kerang, kacang-kacangan dan biji-bijian.

4. Cukupi Kebutuhan Zinc

Seng atau Zinc memiliki peranan yang cukup penting untuk pertumbuhan, sedangkan untuk kaum pria Zinc diperlukan untuk memproduksi sperma. Kondisi sperma yang baik bisa didukung dengan makanan yang mengandung zinc seperti seafood, daging,
unggas, hati, telur, dan susu.

5. Kurangi Rokok dan Alkohol
Banyak yang bilang kalau mengkonsumsi alkohol dapat merangsang gairah seks, tapi sayangnya alkohol juga bisa membuat kinerja seks Anda menurun. Hal ini juga berlaku pada rokok, nikotin yang terdapat dalam rokok bisa mengganggu produksi
hormon estrogen pada wanita. Sedangkan pada pria bisa menyebabkan impotensi.

6. Kurangi Lemak Jenuh
Hampir semua orang mengetahui kalau asupan makanan yang mengandung lemak jenuh bisa menyebabkan kolesterol darah, dan penumpukan plak lemak aterosklerosis pada pembuluh darah di sekitar jantung. Apabila hal ini terjadi dan penimbunan lemak
terjadi di sekitar alat kelamin pria tentu saja akan menurunkan dorongan seksualnya.

( eka / Odi )

Rabu, 15/09/2010 16:12 WIB

Turunkan Kolesterol

Eka Septia Wulan – detikFood
Kacang Bisa Turunkan Kolesterol
Kacang Bisa Turunkan Kolesterol

Jakarta – Kalau bingung mencari cara menurunkan kolesterol jahat dalam darah, mungkin cara ini bisa Anda coba. Dengan mengkonsumsi kacang jenis apapupn setiap harinya ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Tak sedikit orang yang menghindari kacang dengan alasan yang beragam. Yang paling banyak dikeluhkan adalah rasa ngilu yang didapat setelah makan kacang karena mungkin orang tersebut memiliki kadar asam urat yang tinggi. Atau ada juga yang menggunakan alasan karena takut jerawatan.

Diluar itu semua, ternyata kacang memiliki manfaat yang luar biasa, yaitu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di New York, Amerika dengan mengkonsumsi sekitar 2 kantung snacks kacang setiap hari ternyata membantu menurunkan kolesterol jahat ‘LDL’ dalam darah sekaligus meningkatkan kolesterol baik ‘HDL’ dalam tubuh.

Peneliti telah mengumpulkan 25 hasil uji klinis yang melibatkan 583 peserta. Berdasarkan hasil penelitian didapat fakta bahwa dengan mengkonsumsi 2,4 ons kacang jenis apapun ternyata dapat menurunkan sekitar 10,2 miligram per desiliter kolesterol jahat dalam darah. Berarti kadar tersebut turun sekitar 7,4% dari total kolesterol normal.

“Kacang kaya akan lemak tak jenuh, dan merupakan pendorong utama dalam menurunkan kolesterol,” ujar Dr. Joan Sabate, profesor gizi di School of Public Health di Loma Linda University di California. “Kacang juga sebagai sumber protein terkaya di kelas tanaman. Selain itu kacang juga mengandung serat dan pitosterol. Kesemua nutrisi ini mampu menurunkan kolesterol,” terang Joan.

Penurunan kadar kolesterol ini sangat terlihat pada mereka yang memiliki kadar LDL (kolesterol ‘jahat’) yang cukup tinggi namun tidak memiliki masalah dengan obesitas. Semakin banyak kacang yang dikonsumsi, akan semakin baik hasil yang dirasakan.

( eka / Odi )

Rabu, 08/09/2010 15:40 WIB

Kolesterol Santan

Eka Septia Wulan – detikFood
Waspadai Kolesterol Dalam Santan
Waspadai Kolesterol Dalam Santan

Jakarta – Selama lebaran, hampir semua jenis makanan mengandung santan. Mulai dari opor ayam, rendang daging, sayur pepaya, hingga kue lapis dan aneka jajan pasar. Meskipun rasanya enak menggiurkan, Anda tetap harus waspada. Salah-salah kolesterol Anda bisa naik karenanya!

Hidangan wajib di hari lebaran adalah lontong atau ketupat komplet. Lauk-pauk yang menyertai ketupat biasanya mengandung santan kelapa. Misalnya, sayur gurih, opor ayam, gulai kambing dan sambal goreng udang. Belum lagi aneka kue tradisional yang jadi pelengkapnya seperti aneka kue lapis, bolu, bubur manis dan kue-kering. Hampir semuanya memakai bahan santan atau kelapa.

Rasa gurih santan memang sangat enak di lidah tetapi santan yang berasal dari kelapa segar ini juga memiliki kandungan lemak nabati. Lemak ini perlu dicermati konsumsinya karena bisa membuat kadar kolesterol darah meningkat.

Dalam 100 ml santan atau dari 100 gr kelapa parut ternyata menyumbang kolesterol hampir sebanyak 90%. Bayangkan jika Anda memakan hampir semua jenis makanan yang bersantan. Peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh bisa memicu berbagai jenis penyakit bermunculan.

Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa santan mengandung asam laurat yang berkhasiat sebagai obat, diantaranya untuk menurunkan hipertensi, diabetes dan juga penyakit jantung. Namun, karena proses pemasakan yang lama, hingga berjam-jam pada suhu yang tinggi membuat asam lemak sehat berubah menjadi lemak trans yang jahat.

Terbentuknya lemak trans ini bercampur dengan kandungan asam lemak jenuh yang memang sudah banyak terdapat dalam kelapa. Sehingga meningkatkan kadar LDL atau ‘lower density lipoproteins’ yang juga dikenal dengan istilah kolesterol jahat. Apabila kadar LDL ini meningkat, maka menyebabkan arteri tersumbat dengan kolesterol dan peredaran darah pun terganggu karena tertutup lemak.

Agar tetap sehat selama mudik lebaran ini, mungkin sebaiknya jumlah asupan makanan bersantan sedikit dibatasi. Cobalah selingi dengan makanan segar seperti buah segar dan sayuran segar. Selain mudah diserap tubuh juga mengandung serat dan vitamin.

( eka / Odi )

Senin, 06/09/2010 17:23 WIB

Kebutuhan Serat

Eka Septia Wulan – detikFood
6 Cara Sederhana Penuhi Kebutuhan Serat
6 Cara Sederhana Penuhi Kebutuhan Serat

Jakarta – Banyak orang mengeluhkan sulit mendapatkan kebutuhan serat apalagi saat puasa seperti sekarang ini. Padahal ada langkah mudah untuk bisa mendapatkannya. Dengan mengkombinasikan beberapa jenis bahan makananan, tak hanya kebutuhan akan serat terpenuhi tapi juga lidah pun dimanjakan oleh rasanya.Sudah tak perlu diragukan lagi kalau serat memiliki peranan yang penting untuk kelancaran metabolisme tubuh. Seratpun bisa menghindarkan kita dari resiko terkena serangan jantung dan juga penyakit diabetes. Orang dewasa khususnya wanita ternyata tidak memenuhi kebutuhan serat hariannya dari yang dianjurkan 20-25 gr dalam satu hari.Nah, untuk bisa melengkapi kebutuhan serat dalam satu hari ada baiknya mencoba mengkombinasikan menu harian Anda dengan enam jenis makanan berikut. Diantaranya:1. Smoothies dengan CokelatJika Anda suka dengan smoothies, Anda bisa coba mencampurkan smoothies yang Anda buat dengan satu sendok makan cokelat bubuk atau cocoa powder tanpa pemanis. Karena dalam satu sendok makan cokelat bubuk mengandung 2 gr serat dan juga kandungan lemak jenuhnya lebih rendah dibandingkan dengan dark chocolate.2. JamurJamur shitake yang sudah di rendam dalam air panas selama 20 hingga 30 menit menyumbang serat sebanyak 3 gr per ons nya. Tak hanya serat saja yang bisa didapat, tapi juga jamur sebagai antioksidan atau antikanker alami. Bubuhkan jamur shitake dalam sup atau tumisan Anda.3. EdamameEdamame atau kedelai dari jepang ternyata mengandung folat yang cukup tinggi, selain itu sarat akan vitamin B yang bisa menghindarkan wanita dari kanker pankreas. Dalam setengah cup edamame mengandung 4 gr serat. Edamame bisa disantap dengan cara direbus atau pun dimasak dengan sayuran jenis lainnya.4. GandumGandum atau oat, sudah mulai digemari sebagai menu sereal sarapan pagi yang sehat. Tak hanya memenuhi kebutuhan serat saja, tapi juga menjaga jantung kita tetap sehat karena sifat dari gandum yang menyerap kolesterol jahat dalam darah. Dalam satu takaran sajian gandum, terdapat juga magnesium salah satu mineral yang mengatasi masalah diabetes.5. LabuLabu kuning atau labu parang biasa dijadikan kolak atau kue. Nah, kali ini labu kuning bisa juga dijadikan menu sarapan yang enak dan sehat. Cukup dengan menambahkan 1 cup oatmeal, 1 hingga 2 sendok gula palm dan juga perasa seperti kayu manis menu sarapan sehat dan enak pun siap disajikan. Selain serat, labu juga mengandung vitamin A dan bisa menjaga daya tagan tubuh.6. Remah Gandum dalam PancakeGandum yang kaya akan selenium, dapat mengurangi resiko kanker kulit hingga 60%. Dalam setengah cangkir gandum mengandung 4 gr serat. Nah, jika Anda termasuk pencinta pancake Anda bisa menambhakan sereal gandum ke dalam adonan pancake. Teksturnya yang kres..kres.. renyah menambah citarasa sarapan Anda. Coba saja!

( eka / Odi )

Rabu, 01/09/2010 13:43 WIB

Susu Kedelai

Eka Septia Wulan – detikFood
Susu Kedelai Untuk Kulit Mulus

Jakarta – Susu sekarang ini sudah menjadi kebutuhan wajib harian hampir setiap orang. Tak terkecuali dengan susu kedelai. Kandungan protein nabati nya yang cukup tinggi dan juga kadar lemaknya yang cenderung lebih rendah, menjadi target mereka yang tengah berdiet.

Kedelai adalah salah satu tanaman polong-polongan yang cukup populer di Asia. Di Indonesia saja banyak sekali makanan hingga minuman yang menggunakan kedelai sebagai bahan utamanya. Salah satunya adalah susu kedelai. Susu kedelai mulai banyak digemari karena kandungan lemaknya yang rendah jika dibandingkan dengan susu sapi biasanya.

Tak heran jika banyak sekali kaum hawa yang menyukainya, apalagi susu kedelai juga dipercaya dapat menjaga kulit awet muda. Dengan mengkonsumsi susu kedelai secara teratur, ternyata dapat memenuhi asupan protein harian. Protein yang terkandung dalam kedelai diantaranya adalah asam amino argirin danjuga glisin. Kedua asam amino ini merupakan penyusun insulindan glukogen yang disekresi oleh kelenjar pankreas dalam tubuh.

Semakin tinggi asupan protein dari kedelai, sekresi hormon insulin dan glukogen ke dalam tubuh akan meningkat. Hal ini dapat menekan kadar glukosa darah yang kemudian diubah menjadi energi. Karena itu susu kedelai cukup aman untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita diabetes ataupun memiliki kecenderungan menderita penyakit tersebut.

Penelitian yang dilakukan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Kediri mengatakan kalau susu kedelai juga bisa mengurangi resiko terkena rematik. Karena kandungan estrogen yang ada pada kedelai dapat untuk merawat tulang dan kulit agar tetap dalam kondisi fisiologis yang normal.

Susu kedelai juga bisa menggantikan susu sapi, khususnya bagi mereka yang memiliki masalah dengan laktosa. Nah, selama puasa ini tak ada salahnya mengkonsumsi susu kedelai sebagai kebutuhan susu harian Anda. Susu kedelai siap minum sudah banyak dijual di pasaran, jadi Anda tak perlu repot-repot untuk membuat nya di rumah.

( eka / Odi )

Jumat, 27/08/2010 16:06 WIB

Seafood Kolesterol

Odilia Winneke – detikFood
Seafood Pemicu Kolesterol ?
Seafood Pemicu Kolesterol?
Foto: prweb.com

Jakarta – Punya masalah dengan kadar kolesterol? Udang, cumi dan ikan yang lezat mungkin selalu Anda hindari. Meskipun rasanya gurih enak, seafood sering menjadi ‘tersangka’ penyebab naiknya kadar kolesterol darah. Tetapi apakah memang benar seafood jadi pemicu kolesterol darah?

Banyak orang yang memiliki kadar kolesterol darah cukup tinggi mulai meninggalkan seafood. Padahal beragam jenis seafood rasanya sangat enak, dan kaya akan sejumlah mineral penting. Seafood sudah lama dijuluki sebagai pemicu kadar kolesterol darah.

Di dalam tubuh manusia ada 2 tipe kolesterol. LDL (low Density Lipoprotein) yang merupakan kolesterol ‘jahat’ yang bisa menyumbat pembuluh darah. HDL (High Density Lipoprotein), kolesterol ‘baik’ yang membantu menggempur kolesterol ‘jahat’.

Secara alami kolesterol dibuat oleh tubuh dan diperlukan agar tubuh bisa berfungsi dengan baik. Diantaranya menjaga sel-sel tubuh tetap sehat dan memproduksi hormon esensial. Ketidakseimbangan terjadi apabila kita mengkonsumsi banyak makanan kurang sehat yang memicu tubuh memproduksi kolesterol ‘jahat’ lebih banyak. Akibat dan resikonya adalah penyakit jantung.

Beberapa jenis makanan dikenal sebagai biang kolesterol seperti telur, kerang-kerangan dan jenis seafood lainnya. Padahal sebenarnya makanan tersebut memberi dampak sangat kecil pada kadar kolesterol darah.

Konsumsi lemak jenis dan trans dalam makanan lain justru lebih cepat dan lebih banyak memicu kadar kolesterol ‘jahat’ dalam darah. Dengan kata lain konsumsi lemak hewan, minyak kelapa dan lemak trans lebih berbahaya dari pada makan seafood.

Kerang-kerangan sebenarnya hanya mengandung sedikit koleterol, sekitar 25 mg (untuk ½ mangkuk kerang rebus), 150 mg (untuk ½ mangkuk udang rebus) dan 200 mg untuk 1 butir telur sedang. Jadi konsumsi maknaan gorengan, atau makanan yang diproses dengan lemak trans akan memicu jumlah kadar kolesterol jahat lebih tinggi. Karena itu lebih makan makan udang rebus, cumi bakar atau ikan bakar dalam porsi sedang.

( dev / Odi )

Rabu, 25/08/2010 16:00 WIB

Tomat Kaya Vit C

Eka Septia Wulan – detikFood
Tomat si Kaya Vitamin C
Tomat si Kaya Vitamin C
Foto: diarisonline.files.wordpress.com

Jakarta – Buah yang warnanya merah cantik ini mengandung banyak licopen yang dikenal sebagai antioksidan. Rasanya asam segar, dengan kandungan air yang cukup banyak. Cukup baik dikonsumsi saat puasa seperti sekarang ini.

Tomat, adalah sejenis sayur yang sangat mudah dijumpai. Warnanya merah cantik, cukup menarik dan terkenal karena kandungan vitamin C dan A nya yang tinggi. Selain itu, tomat juga mengandung lycopen yang berguna sebagai antioksidan untuk tubuh. Tomat pertama kali ditemukan di sekitar Peru, Ekuador, dan juga Bolivia.

Tomat biasa dijadikan campuran sup, jus, dan pasta. Karena rasanya yang asam, membuat selera makan meningkat tak heran jika makanan yang berasal dari tomat disajikan di awal. Saat puasa seperti sekarang ini, tomat memberikan manfaat yang sangat baik sekali untuk tubuh.

Karena kandungan vitamin A dan C nya yang cukup tinggi, membantu menjaga daya tahan tubuh tetap prima selama menjalankan ibadah puasa. Kandungan air pada tomat juga cukup banyak, sehingga mampu menggantikan kadar air yang terbuang setelah seharian berpuasa.

Untuk bisa memaksimalkan manfaat yang ada pada tomat, ada baiknya cermati jenis tomat yang sebaiknya dikonsumsi. Di pasaran tomat terbagi menjadi dua  jenis, tomat merah dan juga tomat hijau. Perbedaan warna ini menunjukan kandungan vitaminnya. Tomat yang baik untuk dikonsumsi adalah tomat yang berwarna merah, karena kandungan vitaminnya lebih banyak jika dibandingkan dengan yang hijau.

Dalam pigmen warna merah pada tomat, mempunyai nilai lebih. Warna merah menandakan tomat mengandung lebih banyak lycopene, yaitu suatu zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi dan sinar ultraviolet. Selain itu, belakangan diketahui lycopene juga berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker pankreas.

Tomat bisa dijadikan minuman segar untuk berbuka nanti. Dibuat jus, atau disantap langsung juga enak. Selamat mencoba.

( eka / Odi )

Jumat, 20/08/2010 17:44 WIB

Pemicu Metabolisme

Eka Septia Wulan – detikFood
5 Makanan Pemicu Metabolisme
5 Makanan Pemicu Metabolisme

Jakarta – Cara ampuh untuk membuat metabolisme tubuh bekerja lebih cepat adalah dengan membakar kalori dalam tubuh. Melakukan beberapa jenis olahraga saja masih dirasa kurang. Ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu untuk mempercepat metabolisme dan juga membakar kalori.

Proses penurunan berat badan tidak cukup hanya dengan mengurangi jumlah makan. Buat metabolisme tubuh Anda bekerja lebih cepat, agar pembakaran dalam tubuh pun berlangsung dengan baik. Melakukan olahraga saja terkadang masih di rasa kurang, berikut ini ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu Anda mempercepat pembakaran dan juga metabolisme.

Vitamin C
Makanan yang mengandung vitamin C memiliki kemampuan untuk membakar lemak. Tak heran jika beberapa program diet menyarankan untuk mengkonsumsi buah jeruk, tomat, dan lemon yang dianggap memiliki kadar vitamin C yang tinggi. Tapi bagi Anda yang memiliki masalah dengan lambung, mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah besar akan mempengaruhi kesehatan lambung.

Kedelai
Kedelai dan produk sejenis merupakan sumber lecitin. Lecitin diyakini dapat membantu memecah lemak dalam tubuh dan juga membantu proses pembakaran secara alami.

Teh Hijau dan Kopi
Kafein yangterkandung dalam kopi dan juga teh hijau memacu jantung untuk bekerja lebih cepat. Kerja jantung yang lebih cepat memicu pembakaran kalori menjadi lebih cepat.

Daging
Banyak yang menghindari daging karena takut gemuk. Padahal, protein dalam daging dibutuhkan untuk  mencerna karbohidrat ataupun lemak di dalam tubuh.

Salmon dan tuna
Beberapa penelitian menunjukkan, hormon leptin secara langsung mempengaruhi metabolisme dan menentukan kalori yang harus dibakar dan disimpan. Hormon leptin ini banyak ditemukan pad aikan laut seperti tuna dan juga salmon.

( eka / Odi )

Rabu, 18/08/2010 16:33 WIB

Makan Telur

Eka Septia Wulan – detikFood
Jangan Lupa Makan Telur
Jangan Lupa Makan Telur

Jakarta – Selama puasa tubuh membutuhkan asupan vitamin yang cukup agar stamina selama berpuasa tetap terjaga. Tak terkecuali dengan vitamin B-12. Vitamin ini bisa membantu tubuh agar tidak mudah lemas selama seharian penuh. Apa saja makanan yang mengandung vitamin B12?

Vitamin B12 adalah salah satu vitamin B yang larut dalam air yang membantu mentransformasikan lemak dan protein yang ada pada makanan menjadi energi yang digunakan oleh tubuh. Vitamin B12 juga membantu memproduksi sel darah merah dan membantu sistem saraf tubuh Anda bekerja lebih baik.

Selama berpuasa, vitamin B-12 memiliki peranan yang cukup penting. Karena tubuh yang berpuasa banyak kehilangan energi dan juga menurunnya jumlah sel darah merah atau anemia. Tak heran jika selama puasa tidak sedikit ahli nutrisi yang menganjurkan untuk mengkonsumsi beragam jenis vitamin termasuk vitamin B12 yang di dapat dari makanan agar tubuh tetap sehat.

Sumber vitamin B12 banyak dijumapi pada makanan yang berasal dari hewan. Contohnya saja ikan, daging, dan telur. Namun, banyak orang lebih memilih telur karena selain harganya yang lebih murah dibandingkan ikan dan daging, telur juga mudah di temukan sewaktu-waktu dan tentu saja cara mengolahnya yang cukup mudah.

Mengkonsumsi telur saat puasa seperti ini sudah menjadi hal yang lumrah. Dikarenakan cara memasaknya yang mudah. Tapi bukan berarti Anda bisa mengkonsumsi telur dengan bebas. Dalam satu hari, Anda cukup mengkonsumsi telur satu butir saja. Karena tubuh sendiri menyerap vitamin B12 dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Kalau berlebihan, justru kadar kolesterol Anda akan meningkat.

( eka / Odi )

Jumat, 13/08/2010 17:19 WIB

Labu Parang

Eka Septia Wulan – detikFood
Labu Parang yang Legit dan Sehat
Labu Parang yang Legit dan Sehat
Foto: jiejahblogger.blogspot.com

Jakarta – Labu kuning alias labu parang makin mudah ditemukan saat Ramadan. Ukurannya bermacam-macam, mulai dari yang kecil hingga yang cukup besar. Bisa dijadikan kolak ataupun panganan untuk berbuka. Tak hanya enak, labu parang ini juga terkenal sarat nutrisi loh!

Labu kuning, salah satu sayuran yang cukup ‘happening’ saat Ramadan ini memang memiliki segudang manfaat. Warnanya yang kuning sedikit oranye menandakan kalau sayuran ini mengandung betakaroten tinggi guna mencegah radikal bebas. Labu kuning atau labu parang biasa dijadikan kolak ataupun kue basah lain.

Labu kuning mengandung karbohidrat dan makin diperkaya dengan vitamin A dan C. Karena kandungan karbohidratnya inilah yang menjadikan labu kuning ini bisa mengenyangkan. Labu kuning cukup cocok dijadikan menu berbuka puasa. Rasanya yang manis legit bisa menggantikan tenaga yang terbuang selama puasa.

Selain itu, kadar karbohidratnya yang cukup tinggi menjadikan labu kuning ini makanan pengganjal sebelum Anda melakukan santap malam. Sebaiknya jika Anda membuat kolak dengan labu kuning ini, penggunaan santannya tidak terlampau kental ataupun gula yang digunakan jangan berlebih, agar manfaat si labu kuning ini masih bisa dirasakan. Kecuali untuk kolak, labu parang juga enak untuk kue talam, cake, muffin, puding bahkan es krim.

Nah, sudah bisa memutuskan menu berbuka untuk sore ini?

( eka / Odi )

Rabu, 11/08/2010 15:36 WIB

Wedang Jahe

Eka Septia Wulan – detikFood
Wedang Jahe, Minuman Sehat Berbuka
Wedang Jahe, Minuman Sehat Berbuka
Foto: unessentials.efahmi.info

Jakarta – Berbuka puasa memang dianjurkan dengan yang manis. Tapi jangan lantas semua jenis makanan dan minuman manis dihajar habis. Cermati setiap asupan makanan dan minuman agar kondisi tubuh Anda tetap prima. Salah satunya dengan membuat wedang jahe hangat yang istimewa. Cobain yuk!

Saat puasa, kadang kita mengalami yang namanya ‘lapar mata’. Hampir setiap makanan dan minuman yang dilihat lantas dipingini untuk berbuka. Padahal belum tentu makanan dan minuman itu nantinya bisa langsung disantap, atau bahkan justru membuat lambung Anda yang seharian kosong jadi ‘kaget’ dibuatnya.

Nah, agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan coba deh buat minuman tradisional ini. Yak, wedang jahe ini cukup baik disajikan sebagai minuman berbuka puasa yang enak dan juga sehat! Mengapa demikian? hal ini disebabkan oleh gas lambung yang berada di dalam lambung meningkat selama Anda berpuasa. Untuk menghilangkannya cukup dengan meminum wedang jahe.

Rasa hangat dari jahe, kapulaga, dan juga cengkih bisa menghangatkan lambung dan membuang gas yang berada di dalamnya. Sehingga saat di isi dengan hidangan lain, lambung tidak kaget dan juga tidak mengalami kram sesudahnya. Selain itu, sumber rasa manis nya bisa menggantikan tenaga yang hilang setelah seharian puasa. Nah, kalau Anda ingin mencoba membuatnya di rumah sepulang kerja nanti bisa di coba resep singkat ini.

Bahan yang perlu disiapkan antara lain, bakarlah 6 cm jahe tua dan 4 cm jahe merah hingga kulitnya mengelupas, bersihkan lalu memarkan. Rebus 750 ml air bersama 1 lembar daun pandan, 1 batang serai yang dimemarkan, 2 butir cengkih, 2 butir kapulaga dan 5 butir merica putih/hitam hingga mendidih. Masukkan jahe dan tambahkan 100 g gula merah dan 2 sdm gula pasir. Rebus dengan api kecil sampai air menyusut seperempat bagian. Angkat dan saring. Jika suka, wedang jahe ini enak juga dinikmati dengan madu.

( eka / Odi )

Kamis, 05/08/2010 19:12 WIB

Buah Sayur ‘Kotor’

Eka Septia Wulan – detikFood
12 Buah dan Sayur Kotor
12 Buah dan Sayur yang 'Kotor'

Jakarta – Tidak dapat dipungkiri kalau buah dan sayur yang kita beli kadang mengandung zat kimia. Apalagi untuk beberapa jenis buah dan sayur yang bukan organik. Beberapa jenis sayur dan buah berikut adalah yang ‘terkotor’.

Kalau belanja buah dan sayur, jenis buah dan sayur apa yang Anda pilih? Yang bentuk dan penampilannya sempurna, atau mungkin dengan sedikit berlubang di beberapa bagian? Sebagian besar kita lebih senang memilih jenis buah dan sayur yang bentuknya ‘mulus’ tanpa cela. Padahal untuk syarat buah dan sayur yang ‘aman’ adalah yang tidak selalu mulus secara penampilan.

Kalau Anda membeli buah ataupun sayuran yang non organik, biasanya selama masa tanam digunakan pestisida untuk menghindari serangan hama. Hal inilah yang membuat sayuran dan buah jadi ‘kotor’. Berikut ini adalah 12 jenis sayur dan buah yang sebaiknya dibeli secara organik:

1. Seledri
Di Amerika,seledri dipanen selama musim gugur dan musim dingin,karena permintaan cukup tinggi untuk Thanksgiving dan Natal. “Saat berangin dan hujan, justru memicu pertumbuhan bakteri dan penyakit pada tanaman. Dan sedikit orang yang mau membeli sayuran ini dalam keadaan ‘rusak’,” ujar Stuart Reitz, PhD, seorang peneliti di USDA.

2. Peach
Rasa buah yang manis menjadikan peach seringkali menjadi rumah ulat. Petani pun menyemprotkan pestisida sejak tanaman ini berbunga hingga masa panen. Jadi bisa dibayangkan betapa banyaknya jumlah pestisida yang menempel pada buah peach saat di panen.

3. Strawberry
Buah cantik berwarna merah ini memiliki rasa manis-manis asam. Buah ini cukup sulit perawatannya, mudah sekali busuk. Oleh karenanya,seringkali digunakan pestisida atau bahan kimia sejenis untuk bisa membuat buah ini tetap segar.

4. Apel
Aroma harum dan rasanya yang manis mengundang lebih dari 30 insect dan setidaknya 10 jenis penyakit. Ada beberapa jenis bahan kimia ditambahkan setelah masa panen agar bisa bertahan selama beberapa waktu.

5. Blueberries
Blueberrie adalah salah satu buah terkotor dalam daftar USDA. USDA telah melakukan penelitian terhadap buah ini sejak 3 tahun terakhir.

6. Nectarines atau jeruk
Meskipun tidak seperti peach jeruk juga masih bisa terkena imbas dari pestisida. Meskipun cukup terlindung dengan kulit buahnya.

7. Paprika
Tidak seperti sayuran lainnya, sweet bell peppers alias paprika tidak memiliki rasa pahit untuk menangkal serangan hama. Hal ini mengharuskan petani sayuran menggunakan bahan kimia untuk menghindarkan sayuran ini dari hama.

8. Bayam
Bayam adalah salah satu sayuran yang menjadi favorit beberapa hama,salah satunya adalah ulat dan juga belalang. Untuk menguranginya para petani biasa menggunakan DDT, salah satu pestisida yang tidak hilang meski bayam sudah dicuci bersih.

9. Kailan
Kailan sayuran yang cukup diminati oleh hama dan juga binatang pengerat. Tak heran jika kailan seringkali disemprot dengan pestisida, meskipun hal ini dapat membunuh hewan yang justru bermanfaat.

10. Cherry
Cherry adalah salah satu jenis ‘naked fruit’, buah yang tidak memiliki kulit sebagai pelindung.

11. Kentang
Di Amerika tercatat bahwa kentang di semprot pestisida sebanyak 5 kali dalam satu hari. Mulai dari masa tanam hingga masa panen, tak terhitung jumlah pestisida yang menempel di dalamnya.

12. Anggur Impor
Buah-buahan yang di impor biasanya telah disemprotkan dengan bahan kimia agar bertahan selama diperjalanan,tidak terkecuali dengan anggur.

Agar jenis buah dan sayur diatas tetap dapat dirasakan manfaatnya, sebaiknya pilihlah jenis buah dan sayur organik.

( eka / Odi )

Selasa, 03/08/2010 15:46 WIB

Mentimun

Eka Septia Wulan – detikFood
Mentimun yang Sarat Manfaat

Jakarta – Buah yang banyak mengandung air ini biasa dijadikan salah satu pelengkap rujak atau gado-gado. Selain itu, enak juga dijadikan minuman segar pelepas dahaga. Tapi siapa sangka kalau mentimun juga bisa menghilangkan sariawan dan menurunkan demam? Yuk, simak infonya di sini!

Cucumis sativus L. atau yang lebih dikenal dengan istilah mentimun, timun atau ketimun ini adalah salah satu sayuran yang cukup akrab dalam kehidupan sehari-hari. Seringkali timun dijadikan lalapan ataupun sebagai salah satu sayuran pelengkap rujak dan juga gado-gado.

Mentimun cukup mudah dibudidayakan, selama daerah tersebut tidak mendapatkan curah hujan yang tinggi maka timun akan tumbuh dengan subur. Banyak orang mengatakan kalau timun dapat digunakan sebagai obat untuk menurunkan darah tinggi. Padahal, tidak hanya darah tinggi saja tapi banyak juga khasiat lain dari tumbuhan bersulur ini.

Mentimun mengandung 0,65% protein, 0.1% lemak dan karbohidrat sebanyak 2,2%. Juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Biji timun sendiri mengandung racun alkoloid jenis hipoxanti, yang berfungsi untuk mengobati anak-anak yang menderita cacingan.

Untuk menurunkan demam, cukup dengan memarut mentimun kemudian gunakan parutan timun untuk mengompres demam. Parutan mentimun juga bisa untuk masker wajah, sehingga kulit menjadi lebih lembab dan halus bebas dari jerawat. Sedangkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, 2 buah ketimun segar dicuci bersih lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring, lalu diminum sekaligus, hal ini bisa dilakukan 2-3 kali sehari.

Jika Anda termasuk orang yang sering kali terkena sariawan, coba saja mengkonsumsi mentimun setiap hari satu buah selama kurang lebih 10 hari. Konsumsi mentimun secara teratur bisa mengurangi sariawan. Tapi tentunya dengan catatan Anda bukanlah penderita anemia. Karena mentimun dapat menurunkan tekanan darah, sehingga buat And ayang darah rendah justru akan membuat Anda pusing karena darah Anda turun.

Untuk sehat, ternyata tidak selalu mahal. Karena dengan sayuran yang cukup murah dan mudah di temukan ini kesehatan Anda pun masih bisa tetap terjaga.

( eka / Odi )

Sabtu, 31/07/2010 13:15 WIB

Cara Tambah Serat

Odilia Winneke – detikFood
Cara Praktis Tambah Serat
Cara Praktis Tambah Serat

Jakarta – Serat sangat penting dikonsumsi agar sisa makanan dalam usus mudah terangkat. Untuk menkonsumsi serat ternyata tidak sulit. Dengan sedikit trik, bukan hanya hidangan lezat tetapi kaya serat juga bisa Anda nikmati. Coba saja ikuti trik praktis ini!

Soal khasiat serat untuk kesehatan, hampir tiap orang tahu. Serat bisa mencegah diabetes, kegemukan, kadar kolesterol tinggi dan bisa membuat tubuh lebih cepat langsing. Untuk mengkonsumsi serat yang cukup dalam konsumsi per hari. Misalnya untuk wanita dianjurkan mengkonsumsi 21 g – 25 g serat per hari. Tak perlu harus makan nasi merah atau semangkuk sayuran. Coba saja ikuti 6 trik di bawah ini:

Plus Cokelat
Tambahkan saja 1 sendok makan cokelat bubuk yang mengandung 2 gram serat dalam smoothies buah.  Tetapi jangan memakai cokelat blok yang manis dan jangan menambahkan gula lagi. Smoothies jadi enak dan Anda dapat tambahan serat.

Taburkan Jamur
Untuk sup krim yang lembut gurih, tumis jamur shitake atau champignon hingga layu lalu taburkan ke atas sup. Sup jadi enak dan tiap 30 g jamur akan ada tambahan 3 g serat.

Tambahkan Edamame
Suka sayuran tumis? Tmabahkan saja edamame (kedelai Jepang) rebus. Rebus edamame lalu keluarkan bijinya dan tambahkan dalam sayuran tumis. Edamame yang kaya folate ini tiap ½ mangkuk memberi 4 gram serat.

Tambahkan Oat Pada Burger
Saat membuat burger atau galantine atau meatloaf,  tepung roti kasar dan halus, bisa diganti dengan tepung oat jenis rolled oat yang kasar. Selain rasanya lebih gurih, tiap 2/3 mangkuk oat akan memberi tambahan 5.5 gram serat. Oat juga baik untuk penderita diabetes dan kolesterol tinggi.

Buat Kulit Pie dari Tepung Oat
Gantilah pemakaian tepung terigu biasa dengan oatmeal. Pie labu parang akan makin sehat. Labu parang memberi tambahan 2.5 g serat demikian juga oatmeal.

Taburi Pancake dengan Wheat Germ

Sering membuat pancake? Cobalah taburi pancake dengan wheat germ bubuk yang banyak dijual di pasar swalayan. Tiap setengah mangkuk akan membeir tambahan 4 gram serat. What germ bisa ditaburkan pada cake atau adonan kue lainnya.

( dev / Odi )

Rabu, 28/07/2010 18:12 WIB

Camilan Sehat

Eka Septia Wulan – detikFood
Camilan Sehat Malam Hari

Jakarta – Suka bingung kalau harus lembur dan memilih makanan untuk menemani malam Anda? Camilan sehat untuk malam hari harus dipilih secara cermat. Agar tidak terjadi penumpukan lemak bahkan penyakit yang mengganggu pencernaan.

Anda termasuk orang yang senang ngemil, bahkan di malam hari? Sebaiknya lebih perhatikan jenis cemilan yang akan Anda konsumsi. Jangan sampai cemilan yang Anda makan malah membuat kesehatan Anda tergannggu. Terkadang saat diharuskan melakukan lembur di kantor, perut selalu saja menjerit lapar. Godaan untuk mengkonsumsi jajanan yang ada sungguh lah besar.

Biasanya jenis makanan yang dijual di sekitar kantor adalah jenis-jenis makanan yang cepat saji. Makanan-makanan praktis yang jika dikonsumsi setiap hari bisa saja meningkatkan kadar kolesterol dan juga lemak tubuh. Kalau Anda termasuk orang yang tidak bisa lepas dari makan malam ataupun camilan malam hari mungkin Anda bisa menyiasatinya dengan mengganti menu makan malam Anda menjadi lebih sehat.

Jika Anda termasuk orang yang bekerja hingga larut, sebaiknya mulai perhatikan makanan apa saja yang akan Anda makan malam nanti. Sebaiknya pilihlah jenis makanan yang ringan namun mengenyangkan. Buah-buahan seperti pisang, mangga, ataupun apel bisa menggantikannya.

Bisa juga menu sarapan dikonsumsi lagi pada malam hari. Seperti sereal, oatmeal, roti gandum, dan juga biskuit. Susu rendah lemak sebagai pelengkap makan malam Anda jauh lebih aman dibandingkan dengan jajan di luar seperti nasi goreng ataupun mi goreng.

( eka / Odi )

Jumat, 23/07/2010 18:49 WIB

Ubi Merah

Eka Septia Wulan – detikFood
Merawat Mata dengan Ubi Merah
Merawat Mata dengan Ubi Merah
Foto: windowallotment.co.uk

Jakarta – Banyak yang meremehkan ubi merah karena terkesan ‘ndeso’. Padahal di negeri barat makanan ini sudah jadi primadona. Kandungan betakarotennya yang tinggi mampu menangkal radikal bebas dan juga membentuk vitamin A yang sangat baik untuk mata. Penasaran?

Ubi merah atau ubi jalar sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia. Umbi-umbian ini banyak sekali ditemukan mulai dari pasar tradisional hingga pasar swalayan. Harganya pun tidak terlampau mahal. Tapi mungkin banyak orang yang belum mengetahui manfaat yang terkandung di dalamnya.

Ubi merah yang sering dijadikan kolak biji salak saat Ramadhan, ternyata sudah mulai populer di Amerika. Karena kandungan betakarotennya yang cukup tinggi menjadikan ubi merah makanan yang cukup potensial untuk menangkal radikal bebas. Meskipun namanya ubi merah, warna ubi jalar ini cenderung kuning sedikit oranye.

Ubi merah ini, lebih baik dibandingkan dengan jenis ubi yang lain. Mengapa? Karena rasanya yang tidak terlalu manis, cukup aman untuk mereka yang mengidap penyakit gula. Dalam 100 gr ubi merah yang berwarna kuning emas tersimpan 2900 mkg (9675 SI) betakaroten, sedangkan ang berwarna jingga 9900 mkg (32967 SI).

Rabu, 21/07/2010 16:15 WIB

Seledri

Eka Septia Wulan – detikFood
Seledri Baik untuk Hipertensi
Seledri Baik untuk Hipertensi
Foto: gayahiduppanda.blogspot.com

Jakarta – Sayuran ini seringkali ditemui di pada sup. Aromanya harum segar, dan cocok juga dijadikan sebagai hiasan pada makanan. Tapi siapa sangka kalau sayuran yang kerapkali dihindari anak-anak ini memiliki khasiat yang cukup banyak. Salah satunya adalah mengatasi hipertensi. Simak info lengkapnya di sini!

Apium graveolens L. atau yang lebih dikenal dengan nama seledri sudah tak asing lagi. Seledri sering dicampur ke dalam sup, ataupun salad. Aromanya harum segar, bikin rasa masakan jadi lebih enak. Tapi tahukah Anda kalau seledri ini ternyata tak hanya enak disajidakan campuran masakan, tapi juga bisa mengatasi beberapa penyakit?

Yak, beberapa orang dulu percaya kalau seledri ini mampu menurunkan demam ataupun panas anak, dengan cara mengoleskan seledri yang ditumbuk ke kepala anak. Selain menurunkan demam, bisa juga menyuburkan rambut anak-anak.

Berdasarkan penelitian, tanaman keluarga Apiaceae ini mengandung natrium yang berfungsi sebagai pelarut untuk melepaskan deposit kalsium yang menyangkut di ginjal dan sendi. Seledri juga mengandung magnesium yang berfungsi untuk menghilangkan stres. Daun seledri mengandung protein, belerang, kalsium, besi, fosfor, vitamin A, B1 dan C. Berdasarkan hasil penelitian, seledri juga mengandung psoralen, zat kimia yang menghancurkan radikal bebas penyebab kanker.

Seledri cukup mudah ditanam, baik di dataran tinggi maupun dataran rendah selama daerah tersebut berhawa sejuk. Untuk Anda yang memiliki masalah dengan hipertensi, seledri adalah sayuran yang tepat untuk Anda. Dengan meminum air perasan daun seledri secara teratur, dipercaya dapat menurunkan tekanan darah Anda.

Begitu juga mengatasi masalah rematik. Bedanya, untuk mengatasi rematik cukup dengan mengkonsumsi seledri seperti lalapan setiap hari. Jika Anda memiliki masalah dengan salah satunya, tak ada salahnya untuk mencoba.
( eka / Odi )

Semakin pekat warna ubinya, akan semakin tinggi kadar betakarotennya yang juga menjadi bahan pembentuk vitamin A dalam tubuh. Secangkir ubi jalar merah kukus yang telah dilumatkan menyimpan 50000 SI betakaroten, setara dengan kandungan betakaroten dalam 23 cangkir brokoli.

Kabar yang cukup menggembirakan adalah proses perebusan ubi merah ternyata hanya merusak betakaroten sekitar 10% dan 20 % untuk proses penggorengan. Dengan menyantap seporsi ubi jalar merah kukus /rebus sudah memenuhi anjuran kecukupan vitamin A 2100 – 3600 mkg sehari.

Sedangkan jika Anda makan 1 buah ubi jalar merah mentah ukuran sedang sudah memenuhi 42% anjuran kecukupan vitamin C harian Anda. Selain dibuat kolak dan digoreng, ubi merah bisa dicampurkan dalam nasi, dibuat salad, dibuat sup atau untuk cake, bolu kukus dan aneka camilan. Jadi, variasi olahannya sangat banyak. Rasanya yang legit pasti disukai juga oleh si kecil.

( eka / Odi )

Selasa, 13/07/2010 16:54 WIB

Cokelat

Eka Septia Wulan – detikFood
Cokelat Bikin Jantung Sehat

Jakarta – Cokelat memang selalu diminati oleh setiap orang tanpa mengenal batas usia. Baik mereka yang masih anak-anak, hingga yang orang dewasa. Selain menimbulkan efek menenangkan, ternyata cokelat juga bisa menghindarkan Anda terserang penyakit jantung. Bagaimana bisa?

Cokelat, makanan berwarna coklat terang hingga pekat ini memiliki rasa yang manis legit dan sedikit pahit. Banyak sekali dijumpai di pasaran beragam jenis cokelat. Mulai dari permen cokelat, cake cokelat, hingga cokelat batangan yang belum diolah.

Cokelat sudah dipercaya sejak lama membantu mengembalikan suasana hati yang buruk menjadi lebih baik. Namun penelitian terakhir mendapatkan bahwa cokelat pun bisa menghindari Anda dari serangan penyakit jantung. Bagaimana mungkin? Hal ini pernah diteliti oleh para peneliti di American Heart Association(AHA).

Menurutnya -Aha-, orang yang makan 100gr dark chocolate selama dua minggu ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang makan cokelat putih atau cokelat milk yang kadar flavanolnya lebih rendah. Meskipun harus didukung dengan mengurangi jenis makanan-makanan berlemak.

Cokelat memang mengandung lemak, tapi bukan lemak jahat yang bisa meningkatkan kolesterol. Kakao atau cokelat mengandung flavanoid aktif yang disebut flavanols yang merupakan satu dari ratusan polifenol nabati yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.

Meskipun cokelat baik untuk kesehatan, tidak lantas semua jenis cokelat bisa Anda konsumsi karena mengira efeknya akan baik. Jenis cokelat dark couverture yang berwarna gelap lebih baik daripada jenis dark compound. Karena jenis couverture mengandung cacao mass yang lebih banyak, tidak mengandung gula dan mengandung cacao butter yang baik untuk jantung. Sedangkan jenis milk dan white biasanya sudah ditambahkan gula dan lemak nabati. Jadi, mulailah mengunyah sepotong dark couverture chocolate tiap hari.

( eka / Odi )

Jumat, 09/07/2010 15:26 WIB

Potassium

Odilia Winneke – detikFood
Potassium Si Penjaga Tekanan Darah

Jakarta – Mineral yang satu ini sering dianggap sepele padahal peranannya sangat penting. Untuk mendapatkan asupan postassium juga mudah. Bisa dari sayuran dan buah segar, makan labu parang, umbi-umbian atau dari pisang. Kalau kekurangan asupan potassium, apa ya kira-kira akibatnya?

Sejumlah mineral penting tiap hari harus dicukupi oleh tubuh agar bisa sehat. Di antaranya potassium. Mineral ini berfungsi menjaga kestabilan tekanan darah,membantu pergerakan syaraf untuk mengendalikan aliran cairan dari otot dan sel-sel tubuh. Juga mengurangi resiko pembentukan batu ginjal serta keropos tulang.

Dari mana potassium bisa diperoleh? Jika Anda doyan sayuran dan buah segar, sudah bisa dipastikan kebutuhan potassium tercukupi. Bahan makanan sumber potassium yang baik antara lain pisang, tomat, terung, labu parang, bayam, kismis dan umbi umbian. Biasanya makanan yang sudah diproses atau diawetkan kandungan potassiumnya berkurang.

Kadar potassium  yang rendah dalam tubuh dikenal dengan nama hypokalemia , yang belum tentu disebabkan oleh kekurangan pasokan potassium. Hypokalemia biasanya disebabkan terlalu banyak kehilangan potassium dalam tubuh. Hal ini bisa disebabkan oleh diare, yang biasa diikuti degan tubuh lemas, irama jantung tak beraturan dan kadar gula darah yang abnormal.

Gejala kekurangan potassium dalam kadar yang tidak parah biasanya tidak terlalu dirasakan karena tidak terlalu tampak. Akibatnya saja yang tiba-tiba terasa oleh tubuh, yaitu jatuh sakit! Naun, terlalu banyak asupan potassium juga kurang baik bagi kesehatan karena membentuk racun.

Maka cara yang terbaik, manfaatkan sayuran dan buah segar berwarna sebagai sumber potassium. Ubi merah, labu parang, bayam hijau dan merah, terung dan pisang bisa menjadi sumber potassium. Cukup dikonsumsi secara bergantian tiap hari. Mudah bukan?

( dev / Odi )

Senin, 05/07/2010 22:17 WIB

Gandum rawat Gigi

Eka Septia Wulan – detikFood
Gandum Untuk Merawat Gigi

Jakarta – Gandum memang terkenal baik untuk kesehatan jantung. Tapi siapa sangka kalau ternyata gandum juga baik untuk merawat gigi dan gusi. Temukan info lengkapnya di sini!

Sudah tidak diragukan lagi kehebatan gandum untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan kolesterol, dan juga baik untuk Anda yang tengah menjalankan program diet. Tapi kini satu lagi manfaat gandum untuk tubuh Anda. Yaitu, untuk merawat kesehatan gigi dan gusi.

Bagaimana mungkin? Yak, berdasarkan penelitian yang dilakukan di Kanada terhadap 34.000 orang, telah ditemukan fakta baru bahwa mereka yang mengkonsumsi 3-4 porsi gandum tiap hari setidaknya 23% terhindar dari penyakit periodontitis dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

Hal ini pernah diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition. Meskipun penelitian ini masih terus dikembangkan, tetapi peneliti sudah bisa memastikan hubungan kesehatan gigi dan juga konsumsi gandum.

Gandum dapat mengkontrol kadar gula dalam darah, tak heran jika hal ini dapat berpengaruh pada kesehatan gigi. Meskipun masih terus dalam proses penelitian tak ada salahnya jika Anda sudah mulai mengkonsumsi gandum sejak dini. Selain bisa menjadi alternatif sarapan di pagi hari, gandum dapat menghindarkan Anda dari resiko terkena penyakit jantung, stroke, dan juga kolesterol.

( dev / Odi )

Senin, 21/06/2010 17:42 WIB

Kekebalan Tubuh

Eka Septia Wulan – detikFood
6 Makanan Untuk Kekebalan Tubuh

Jakarta – Meningkatkan kekebalan tubuh tak hanya melalui suplemen tambahan saja, tapi juga dari makanan yang dimakan tiap harinya. Daripada bingung menentukan makanan apa yang cocok, simak info enam makanan berikut yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh Anda!

Kondisi cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini membuat kondisi tubuh menurun. Mudah terkena flu dan cepat sekali lelah. Beragam suplemen tambahan Anda konsumsi untuk meningkatkan imunitas / kekebalan tubuh agar lebih baik. Selain mengkonsumsi suplemen, ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan tertentu yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dari dalam.

Nah, berikut ini adalah enam jenis makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh Anda:

1. Buah dengan Rasa Asam
Jenis buah-buahan dengan rasa asam seperti jeruk, lemon, dan anggur, mengandung banyak vitamin C yang bisa meningkatkan imunitas tubuh. Mengapa vitamin C penting dalam menjaga imunitas tubuh? Vitamin C dapat membantu tubu memproduksi sel darah lebih banyak sebagai anti bodi dan menjaga tubuh dari serangan virus. Untuk mendapatkan vitamin C setiap harinya, Anda bisa meminum perasan lemon yang sudah diberi air hangat. Tapi kalau Anda memiliki masalah dengan lambung, sebaiknya tambahkan madu agar rasanya tidak terlalu nonjok untuk lambung.

2. Telur
Seperti yang Anda ketahui, bahwa telur merupakan sumber protein yang tinggi. Tapi tidak hanya protein saja, telur juga mengandung vitamin A yang mudah larut. Vitamin ini juga berperan penting dalam pembentukan imun tubuh. Selain telur, sumber vitamin A lainnya bisa Anda daptkan dari hati, makanan olahan dari susu, dan juga minyak ikan.

3. Daging Tanpa Lemak (Lean Red Meat)

Daging merah sudah dikenal sebagai sumber zat besi, dimana zat besi ini sangat mudah diserap oleh tubuh. Idealnya, dalam seminggu Anda mengkonsumsi daging sebanyak dua hingga tiga kali. Ingat, daging yang Anda makan harus rendah lemak, dan pastikan saat memasak pun jangan terlalu banyak menggunakan bahan tambahan mengandung lemak. Apabila Anda tidak bisa makan daging merah, pastikan Anda mengkonsumsi lebih banyak jenis kacang-kacangan, telur, sayuran hijau, dan cereal.

4. Gandum
Sereal gandum atau sejenisnya seperti gandum, rye, barley, dan beras merah akan memberikan vitamin B yang cukup penting untuk tubuh. Diantaranya adalah vitamin B, asam pantothenoic, dan juga asam folat. Vitamin B mendukung sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik, selain itu kandungan serat yang tinggi membuat pencernaan Anda bekerja dengan sangat baik.

5. Seafood
Hampir semua jenis seafood merupakan sumber utama zinc, namun yang paling besar adalah jenis kerang, remis, dan juga tiram. Sedangkan cumi, salmon, dan ikan lainnya juga mengandung zinc namun dalam jumlah yang tidak terlalu besar. Peran zinc dalam menjaga sistem kekebalan tubuh untuk memastikan sel-sel darah putih yang membantu tubuh melawan infeksi dan virus bekerja dengan sebaik-baiknya.

6. Kacang-kacangan
Jenis kacang-kacangan tidak hanya bisa meningkatkan imunitas tubuh seseorang, tapi juga pemenuhan tubuh dari zinc, zat besi, dan juga vitamin B. Dan ketiga mineral tadi sangat mendukung sistem kekebalan tubuh. Setiap jenis kacang memiliki keuntungan yang berbeda, salah satunya adalah kacang Brazil yang kaya akan selenium, almond dan kacang tanah merupakan sumber vitamin E.

Jenis kacang-kacangan adalah makanan yang cukp ideal dikonsumsi setiap hari. Selain cukup mudah ditemukan, harga yang cukup terjangkau, juga mampu mendukung sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

( eka / Odi )

Selasa, 15/06/2010 16:40 WIB

Blueberry AntiOksidan

Eka Septia Wulan – detikFood
Blueberry, Sumber Anti-oksidan
Blueberry, Sumber Anti-oksidan!
Foto: tastefood.files.wordpress.com

Jakarta – Buah yang rasanya asam ini memang mulai banyak diminati. Sebagai topping cake, campuran jus buah, ataupun dijadikan selai. Dibalik rasanya yang asam segar, tersimpan berjuta manfaat yang baik untuk tubuh. Penasaran?

Blueberry memang tidak sepopuler strawberry. Meskipun begitu, buah ini tak kalah dahsyat manfaatnya dengan strawberry. Tak heran jika dinamakan blueberry, karena warna buah yang biru gelap. Kalau dilihat sepintas, warna dan bentuknya mirip dengan anggur dengan ukuran yang jauh lebih kecil atau mini.

Banyak sumber yang mengatakan kalau blueberry merupakan sumber antioksidan yang tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa anthocyanin yang terkandung dalam phytonutrients, zat yang memberi warna gelap pada blueberry. Anthocyanin berperan sebagai anti-oksidan.

Radikal bebas yang banyak dijumpai dapat menyebabkan penuaan, dan penumpukan oksidan dalam tubuh. Tak jarang, radikal bebas juga bisa menyebabkan kanker. Phytonutrient mencegah penumpukan radikal bebas dalam tubuh dengan menyerapnya dan membuangnya bersama dengan keringat dan kotoran.

Selain sebagai antioksidan, blueberry juga memiliki manfaat lain yaitu meningkatkan kemampuan mengingat jangka pendek atau short term memory.  Juga membantu meningkatkan kemampuan motorik menjadi lebih baik. Blueberry juga mengandung mangan yang berfungsi sebagai zat anti peradangan.

Tubuh yang bebas radang membuat aliran darah menjadi lancar, menjaga asupan energi untuk tubuh, dan juga menjaga mood tetap dalam kondisi senang. Bagi mereka yang memiliki masalah dengan jantung, blueberry sangat baik untuk mencegah penyakit jantung. Karena nutrisi dalam blueberry menjaga zat nitrit oksida yang membuat dinding arteri jantung tetap fleksible.

Blueberry terdiri dari dua jenis, blueberry yang sengaja di tanam di perkebunan dan juga blueberry liar. Manfaat keduanya tetap sama, sebagai anti-oksidan. Tapi berdasarkan penelitian, blueberry liar padat nutrisinya dibandingkan blueberry yang di tanam di perkebunan. Mungkin karena kemampuan bertahan hidup blueberry liar dalam melewati kondisi dan situasi yang lebih keras dibanding blueberry besar yang ditanam di kebun menjadikannya lebih padat nutrisi.

( eka / Odi )

Selasa, 08/06/2010 15:29 WIB

Kiwi

Eka Septia Wulan – detikFood
Kiwi Cegah Stroke dan Darah Tinggi

Jakarta – Siapa sangka kalau buah yang memiliki bulu halus pada kuklitnya ini memiliki manfaat yang tak kalah dengan jeruk ataupun apel. Rasanya yang manis sedikit asam mengandung antioksidan yang tinggi, baik untuk menangkal radikal bebas. Coba saja!

Buah kiwi memang tidak terlalu populer di Indonesia, baru akhir-akhir ini saja buah yang berasal dari New Zealand ini marak dibicarakan. Biasanya kiwi disajikan sebagai buah potong ataupun sebagai pelengkap salad buah. Rasanya yang manis cenderung asam ini memang segar disantap sebagai pencucui mulut.

Tapi tak jarang juga yang mengkonsumsi kiwi dengan cara di jus, agar rasa asamnya tidak terlalu terasa. Padahal buah kiwi justru baik dimakan tanpa tambahan apapun agar manfaatnya bisa dirasakan secara langsung. Satu buah kiwi setiap hari, sudah memenuhi kebutuhan vitamin C harian orang dewasa.

Hal ini cukup mengejutkan, karena buah kiwi mengandung vitamin C dua kali lipat lebih banyak dari jeruk dan 17 kali lebih banyak dari apel. Selain itu, buah kiwi juga mengandung vitamin B1, B2, B6, dan, E. Peran vitamin C dan E dalam kiwi berfungsi sebagai antioksidan, zat penangkal radikal bebas penyebab penuaan dan pencegah sel kanker. Tingginya kandungan vitamin C dalam kiwi menjadikan buah ini dapat mempertahankan imunitas tubuh dari serangan flu dan juga stress.

Apabila Anda sedang menjalani program penurunan berat badan, kiwi adalah buah yang sangat cocok masuk kedalam menu harian Anda. Karena serat yang tinggi dalam buah kiwi akan membantu pencernaan Anda bekerja lebih baik. Buah kiwi juga mengandung  asam amino arginin dan glutamate.

Arginin berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan juga membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Sedangkan asam amino dapat membantu mengurangi resiko impotensi ringan. Asam amino juga mempengaruhi daya kerja otak lebih cepat, apalagi jika dikonsumsi oleh anak-anak.

Dengan mengkonsumsi dua buah kiwi tiap hari dapat mengurangi lemak darah hingga 15%. Lemak darah ini menjadi penyebab terjadi nya penyakit jantung koroner dan stroke. Karena witamin A ,E , dan kalium yang terkandung di dalamnya membantu jantung berdenyut secara teratur sehingga membuat otot bekerja secara aktif dan mengatur tekanan darah.

Kalau semua fungsi tubuh sudah bekerja secara normal dan aktif, otomatis oksigen pun tersalurkan secara baik di dalam darah. Nah, tunggu apalagi konsumsi kiwi sejak dini akan menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit!

( eka / Odi )

Jumat, 04/06/2010 15:31 WIB

Vitamin E

Eka Septia Wulan – detikFood
Vitamin E Cegah Kerusakan Rtina
Vitamin E Cegah Kerusakan Retina
Foto: limana.files.wordpress.com

Jakarta – Vitamin E selalu saja dihubungkan dengan kulit. Mulai dari melembutkan, mengencangkan, hingga memperlambat proses penuaan. Padahal tidak cuma itu saja manfaatnya. Vitamin E juga dipercaya mampu menjaga kesehatan retina mata. Penasaran?

VItamin E tak lepas kaitannya dengan dunia wanita. Mengapa tidak? Karena vitamin E dipercaya mampu mencegah proses penuaan karena kemampuannya menangkal radikal bebas sehingga kesehatan kulit tetap terjaga. Mencegah penuaan, dan mengurangi resiko timbulnya keriput sejak dini.

Vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak yang berfungsi sebagai antioksidan. Tak heran jika manfaatnya begitu dahsyat untuk kesehatan kulit maupun tubuh manusia. Karena kemampuannya menangkal radikal bebas, membuat tubuh yang mendapat cukup asupan vitamin E ini terhindar dari resiko terkena penyakit kanker dan juga serangan jantung.

Vitamin E banyak terkandung dalam minyak zaitun, minyak canola, alpukat, biji bunga matahari, dan jenis kacang-kacnagan lainnya. Meskipun vitamin E ini banyak terkandung di makanan yang mengandung lemak, tapi lemak-lemak ini bukanlah lemak jahat. Justru lemak-lemak ini adalah lemak baik yang aman untuk jantung dan kolesterol.

Akibat yang disebabkan oleh kekurangan vitamin E memang jarang sekali ada. Hal ini mungkin memang jarang terjadi atapun memang jarang sekali penelitian tentanghal tersebut. Defisiansi biasanya terjadi pad mereka yang mengalami sindrom malabsorpsi lemak. Sedangkan makanan yang menjadi sumber vitamin E rata-rata adalah makanan yang mengandung lemak nabati.

Secara tidak langsung hal ini bisa menjadi salah satu faktor terkait. Gejala yang ditimbulkan pun bermcam-macam, diantaranya kerusakan saraf tangan dan kaki, gangguan pada sistem keseimbangan, lemah otot, bahkan kerusakan retina mata. Jadi, mengkonsumsi vitamin E baik suplemen ataupun makanan-makanan yangmengandung vitanmin E tidak hanya menjaga kesehatan kulit dan jantung tapi juga menjaga kesehatan mata khususnya retina.

( eka / Odi )

Senin, 31/05/2010 15:04 WIB

Kacang Hijau

Eka Septia – detikFood
Kacang Hijau Bagus Untuk Jantung
Kacang Hijau Bagus Untuk Jantung
Foto: rifai13152.wordpress.com

Jakarta – Siapa yang tidak kenal dengan jenis kacang-kacangan ini? Selain bisa di buat bubur dan puding, kacang hijau juga enak dibuat sup bercampur daging loh! Tak hanya rasa yang enak, tapi kaya akan manfaat. Penasaran?

Phaseolus Aureus atau yang lebih dikenal dengan nama kacang hijau merupakan salah satu jenis polong-polongan yang cukup sering di konsumsi. Biasanya kacang hijau diolah menjadi bubur ataupun puding. Ada juga orang yang menggunakan kacang hijau sebagai bahan utama membuat peyek pengganti kacang tanah.

Dibalik bentuknya yang mungil, kacang hijau mengandung protein nabati yang cukup tinggi. Tak cuma itu saja, kacang hijau juga menjadi salah satu sumber mineral penting yang diperlukan oleh tubuh. Tak heran jika banyak ahli gizi yang menyarankan kacang hijau untuk dikonsumsi balita, karena kandungan nutrisinya baik untuk masa pertumbuhan.

Sumber mineral yang terdapat pada kacang hijau adalah kalsium dan juga fosfor. Keduanya sangat baik untuk memperkuat tulang dan gigi. Bagi mereka yang tengah menjalani program diet, kacang hijau patut dimasukkan dalam menu harian Anda. Kadar lemaknya yang rendah membuat semua makanan atau minuman olahan yang berbahan dasar kacang hijau tidak mudah tengik dan tak bikin berat badan melonjak naik.

Lemak kacang hijau terdiri dari 73% asam lemak tak jenuh dan 27% asam lemak jenuh, tak heran jika kacang hijau cukup aman bagi mereka yang menderita penyakit jantung karena kandungan asam lemak tak jenuhnya dapat menjaga kesehatan jantung Anda. Selain fosfor dan kalsium, kacang hijau mengandung vitamin yang komplet.

Mulai dari vitamin B1, B2, dan vitamin E. Vitamin B1 berguna untuk memaksimalkan kerja syaraf dalam tubuh. Kalau Anda mengalami gejala sulit berkonsentrasi, mudah tersinggung, atau kurang bersemangat, bisa jadi tubuh Anda kekurangan B1. Vitamin B1 juga menjadi sumber energi yang diperlukan oleh tubuh. Karena fungsinya yang memecah karbohidrat sehingga mengubahnya menjadi tenaga. Sedangkan vitamin E tidak hanya baik untuk peremajaan kulit, tapi juga membantu kesuburan.

Kalau saat ini Anda termasuk orang yang tidak menyukai kacang hijau karena aromanya, manfaat yang terkandung di dalamnya pasti membuat Anda berubah pikiran.

( eka / Odi )

Rabu, 26/05/2010 15:09 WIB

Kaya Mineral

Eka Septia Wulan – detikFood
Si Kancing Kaya Mineral
Si Kancing Kaya Mineral
Foto: organikganesha.files.wordpress.com

Jakarta – Jamur ini tak hanya enak di tumis, disayur, tapi juga enak di goreng dengan tepung. Meskipun tampilannya sederhana kandungan kalorinya cukup rendah sehingga bisa membantu program diet Anda.

Siapa yang tidak kenal dengan jamur kancing? Jamur ini bentuknya memang mirip dengan kancing, tak heran jika dinamakan demikian. Nama lain jamur ini adalah jamur kompos atau jamur champignon.  Warna jamur ini bermacam-macam, ada yang berwarna putih bersih, sedikit krem, dan ada juga yang berwarna kecokelatan.

Jamur jenis ini banyak dijual di pasaran. Mulai dari jamur segar hingga jamur kalengan yang banyak dijual di pasar swalayan. Dalam satu buah jamur mengandung nutrisi diantaranya vitamin B dan juga potasium. Kandungan kalorinya yang rendah membuat jamur kancing banyak digunakan sebagai bahan campuran makanan untuk mereka yang tengah menjalani program diet.

Biasanya dimasak dengan cara ditumis, ataupun dicampur dengan omelet. Rasa jamur kancing ini kenyal-kenyal lembut, dengan aroma yang sedikit manis kalau dihirup. Jamur kancing segar bebas dari kandungan lemak, sodium, serta kaya aakan vitamin dan mineral.

Jamur ini sebaiknya sesegera mungkin dimasak. Jika terkena udara lembap atau air jamur akan menjadi kecokelatan dan cepat membusuk. rasanya juga menjadi sedikit asam. Agar tahan 3-4 hari, bungkus jamur (tanpa dicuci) dengan kertas bersih dan
simpan dalam lemari es.
( eka / Odi )

Selasa, 25/05/2010 17:10 WIB

Kunyit

Eka Septia Wulan – detikFood
Kunyit, Kurangi Gas Lambung

Jakarta – Kalau Anda mengalami gangguan pada lambung, bumbu dapur berwarna kuning ini bisa jadi obat untuk meredaknnya. Dijadikan minuman hangat dengan tambahan madu, kunyit tak hanya mengurangi gas lambung tapi juga menghilangkan bau badan. Coba saja!

Sangat mudah mengenali bumbu dapur yang satu ini. Bentuknya memang mirip sekali dengan kencur, namun saat dikupas memiliki warna kuning yang mencolok. Yak , kunyit. Bumbu dapur yang sering digunakan untuk membuat nasi kuning dan juga beberapa jenis masakan India seperti gulai dan kari ini ternyata memiliki manfaat yang cukup banyak di luar dunia kuliner.

Tanaman asli wilayah Asia khususnya Asia Tenggara ini juga bisa mengobati peradangan pada sendi dan dijadikan bahan tambahan untuk beberapa produk farmasi. Mengobati gatal-gatal, kista hingga kanker rahim (dengan catatan kondisi tertentu). Sejak dulu kunyit juga dipercaya sebagai obat lambung, khususnya penyakit maag.

Mungkin dikarenakan kunyit dapat membuang gas lambung yang diakibatkan penyakit maag. Pada saat datang bulan biasanya wanita mengalami nyeri lambung dan perut kembung, perasaan sari kunyit bisa meredakannya rasa nyeri. Aroma kunyit yang dibakar bisa menjadi aroma terapi bagi Anda yang mengalami hidung tersumbat.

Kunyit juga bisa dipakai untuk menyembuhkan beberapa gangguan yang berhubungan dengan kerja ginjal, terutama pada bebrapa kasus-kasus yang ditandai dengan bau badan yang tidak sedap dan mata yang tidak tahan terhadap sinar. Dengan meminum segelas juice kunyit (dibuang ampasnya), selama 2 minggu berturut-turut gejala-gejala seperti yang disebutkan tadi berangsr-angsur berkurang.

Jika kurang suka dengan rasanya, minuman kunyit bisa ditambahkan dengan sedikit perasaan jeruk nipis atau kucuran madu. Sehingga rasanya lebih enak dan segar saat diminum. ( eka / Odi )

About these ads

1 Response to “PusKesMas : Menu Hidup Sehat”


  1. October 2, 2010 at 8:25 am

    semoga calon istri saya baca artikel ini… :)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 2,098,522 hits

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 113 other followers

%d bloggers like this: