19
Oct
09

Wisata Pesisir : 12 Tujuan Wisata Jakarta Utara

Wisata Pesisir Belum Populer
Lurah Diminta Ikut Promosi
Pelabuhan Sunda Kelapa di Jakarta merupakan pelabuhan yang menyimpan banyak catatan sejarah. Di sekitar kawasan itu adalah cikal bakal kota Jakarta. Pelabuhan ini telah dikenal sejak abad ke-12 pada zaman Kerajaan Sunda.

Senin, 19 Oktober 2009 | 06:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Jakarta Utara, yang menjadi satu-satunya wilayah kota yang memiliki garis pantai sepanjang 32 kilometer di DKI Jakarta, mempunyai 12 tempat tujuan wisata. Namun, dari 12 lokasi wisata itu, belum semuanya terawat baik dan dikenal, bahkan oleh warga Jakarta sendiri.

Ke-12 tempat tujuan wisata itu adalah Pelabuhan Sunda Kelapa, Masjid dan makam Luar Batang, Pusat Grosir Manggadua, Taman Margasatwa Muara Angke, Pusat Perikanan Muara Angke, Taman Impian Jaya Ancol, Olahraga Air Bahtera Jaya, Stasiun KA Tanjung Priok, Masjid Jakarta Islamic Center, Gereja di Kampung Tugu, Museum Bahari, dan Pusat Kuliner Kelapa Gading.

Untuk memopulerkan wisata pesisir itu, sekitar 300 warga Kelurahan Rawabadak Utara dan Lagoa, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, melakukan studi wisata dan tur motor ke enam lokasi wisata pesisir.

Mereka mengunjungi wisata rohani dan sejarah, yakni Masjid Al Alam dan Rumah Si Pitung di kawasan Marunda, Gereja Tugu, Islamic Center, Pelabuhan Sunda Kelapa dan Galangan VOC, serta Pasar Ikan Muara Angke.

”Warga diajak untuk berkunjung ke wisata pesisir yang ada di Jakarta Utara agar mereka mengenal tempat wisata di daerahnya. Diharapkan, mereka juga akan mempromosikan kawasan wisata ini kepada warga Jakarta lainnya,” kata Wali Kota Jakarta Utara Bambang Sugiyono ketika melepas keberangkatan rombongan warga di dua kelurahan, yakni Kelurahan Rawa Badak Utara dan Kelurahan Lagoa, Minggu (18/10) pagi.

Selain itu, Bambang juga berharap bahwa dengan kunjungan ini akan muncul ide-ide kreatif dan sumbang saran untuk mengembangkan kawasan wisata ini.

”Masih ada kawasan wisata yang belum tertata rapi dan butuh perawatan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bambang juga mengimbau camat dan lurah di Jakarta Utara untuk ikut mempromosikan lokasi wisata pesisir. Caranya dengan menggelar acara serupa.

Jika warga Jakarta Utara mengenal dan mencintai ke-12 wisata pesisir itu, tempat wisata itu akan populer. Diharapkan, baik warga Jakarta maupun warga luar Jakarta yang datang lebih banyak. Peningkatan kunjungan wisatawan itu tentu akan meningkatkan kesejahteraan warga Jakarta Utara.

”Oleh karena itu, campur tangan lurah dan camat untuk memopulerkan kawasan ini sangat penting. Jika ada lurah yang tidak peduli pada lokasi wisata ini, akan saya tegur,” ujarnya.

Ratusan warga Kelurahan Rawabadak Utara dan Lagoa itu menggunakan lima bus pariwisata dan puluhan kendaraan roda empat dan motor. Acara ini didanai secara swadaya oleh warga, lurah, dewan kelurahan setempat, dan donatur.

Dalam studi wisata ini, panitia dari Kelurahan Rawabadak Utara, Koja, memberikan hadiah bagi peserta studi wisata yang bisa menjawab pertanyaan soal wisata pesisir sepanjang perjalanan. Peserta studi wisata terdiri atas ketua RT dan RW, PKK, karang taruna, dan aparat kelurahan. Hadiahnya berupa televisi, kipas angin, dispenser, dan kaus.

Sementara itu tur konvoi motor yang dikuti 150 warga Lagoa ini berkeliling ke 12 tempat tujuan wisata dengan membawa atribut bendera dan spanduk yang di antaranya bertuliskan ”kita sukseskan wisata pesisir dan rohani milik Jakarta Utara”. Ada juga spanduk yang berbunyi ”lebih baik berwisata di tempat sendiri”, ”murah dan meriah cuma berwisata ke 12 destinasi”.

”Dengan kampanye seperti ini, diharapkan peserta terus menginformasikan ke masyarakat tentang keberadaan lokasi wisata,” ujar Soni (25), Sekretaris Masyarakat Pantai Utara (Matra) yang bersama 50 anggotanya ikut dalam konvoi motor.

ARN

Editor: jimbon

About these ads

5 Responses to “Wisata Pesisir : 12 Tujuan Wisata Jakarta Utara”


  1. 1 Ria Wagey
    November 5, 2009 at 10:04 am

    Saya seorang travel consultant yang sering membawa rombongan dari daerah pasifik, Papua New Guinea dan sekitarnya. Saya sangat tertarik informasi ini dan ingin mendapatkan informasi yang lebih detail lagi bahkan kalau bisa dapat kerjasama untuk buat paket tur.
    Terima kasih.

  2. November 24, 2009 at 12:49 pm

    Terima kasih atas informasinya. Sangat berguna untuk kami yang sedang merencanakan liburan keluarga di Jakarta.

  3. October 3, 2011 at 1:14 pm

    PAKET WISATA MEDAN – PARAPAT 4Hari 3Malam
    Bonus : Air Terjun Sipiso Piso

    Hari1:MEDAN–Berastagi-PARAPAT(Makan Siang /Makan Malam)
    Horas , setibanya di airport , group akan tegur sapa dengan perwakilan dari Tobaleuser Wisata .Sesuai dengan jadwal yang ditentukan kita akan berangkat menuju parapat via berastagi .dalam perjalanan makan siang di Restoran local.setelah makan siang , kita akan mengunjungi Pasar Buah & Sayuran Berastagi,perjalanan dilanjutkan ke parapat , singgah di air terjun sipiso piso dengan panorama danau toba dan desa tongging dibawahnya, ,singgah di bukit simarjarunjung untuk menikmati Pisang Goreng & bandrek simarjarunjung sambil menikmati indahnya panorama danau toba dari atas bukit, perjalanan dilanjutkan ke parapat dan setibanya diparapat , transfer ke hotel untuk istirahat , makan malam disajikana di hotel.
    ( Danau Toba Cottage 3*/Patra Parapat Hotel 3*similar )

    Hari 2 :PARAPAT – SAMOSIR-PARAPAT ( Makan pagi /Makan Siang /Makan Malam )
    Sarapan pagi di hotel. Berangkat menuju pelabuhan untuk tour ke pulau Samosir, Mengunjungi “Batu gantung (GIT) selanjutnya menuju Pulau samosir , tiba di samosir , Mengunjungi Huta Ambarita untuk melihat Meja dan kursi batu peninggalan raja sialagan,transfer to lokal restoran untuk makan siang , setelah makan siang perjalanan dilanjutkan ke Tomok untuk melihat makam raja Sidabutar yg sudah berusia ratusan tahun dengan legenda anting melela,Mengunjungi sigale-gale , selebihnya waktu , bisa dipergunakan untuk belanja souvenier di pasar Tomok , kembali ke Parapat, Transfer to Hotel , istirahat –Acara Bebas , makan malam disajikan diokal restoran
    ( Danau Toba Cottage 3*/Patra Parapat Hotel 3*similar )

    Hari 3 : PARAPAT – MEDAN ( Makan Pagi/Makan siang/makan malam )
    Sarapan pagi di hotel. acara bebas hingga kembali ke Medan via tebing tinggi, 176km di tempuh 4 jam perjalanan, dalam perjalanan berhenti di paten shop untuk belanja snack local terbuat dari olahan kacang tanah disebut ting ting teng teng dan tang tang , dalam perjalanan menuju Medan , makan siang dilokal restoran , setibanya di Medan , city tour Medan mengunjungi Istana maimoon, mesjid raya medan, , dilanjutkan check-in hotel,makan malam. acara bebas.
    ( Candi Hotel 3*/Grand Antares hotel 3*similar )

    Hari 4 : Hotel – airport(Makan Pagi)
    setelah serapan pagi di hotel , acara bebas hingga tiba saatnya transfer out to bandara untuk perjalanan pulang , tour berakhir , terima kasih …Horas..Horas..Horas
    Harga Paket tour Min 04 orang Rp.1.800.000/orang
    Harga paket tour Min 10 Orang Rp.1.400.000/orang
    Harga Paket Tour Min 20 orang Rp.1.200.000/orang
    Harga paket tour Min 30 orang Rp.980.000 /orang

    HARGA TERMASUK :
    • Akomodasi, Hotel Bintang 3
    • Program Tour sesuai dengan Itinerary
    • Makan sesuai acara Tour
    • Transportasi AC selama tour
    • Setengah hari tour dengan Boat di Pulau Samosir
    • Guide Berbahasa Indonesia
    • Entrance Fee
    • Souvenir
    • Air mineral
    Harga Belum termasuk :
    • Optional Tour
    • Pengeluaran Pribadi
    • Tipping
    • Asuransi

    For Reservation :
    Email : tobaleuser@tobaleuser.com
    Mobile : 0852 7012 6984 / 0878 9213 4333
    Ym : tobaleuserwisata@yahoo.com / renysimanullang@yahoo.com
    Tlp/Fax : 061 733 1555/061 733 1927

  4. May 13, 2013 at 2:58 pm

    Thanks for every other informative site. Where else may I am getting
    that kind of info written in such an ideal manner? I have a project that I’m just now running on, and I’ve been at the look out for such info.

  5. July 14, 2013 at 6:20 am

    I know this site offers quality dependent posts and extra material, is
    there any other site which offers these kinds of information in quality?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 2,342,312 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 133 other followers

%d bloggers like this: