14
Oct
09

Legislatif : Susunan Pimpinan Komisi DPR RI

Ketua Komisi & Badan

Antara – 1 jam 52 menit lalu
DPR Telah Tetapkan Ketua Komisi dan Badan

Jakarta (ANTARA) – DPR telah menetapkan formasi ketua komisi-komisi melalui rapat konsultasi pimpinan DPR dan pimpinan fraksi-fraksi soal pembentukan komisi di gedung DPR Senayan Jakarta, Selasa malam.

Ketua DPR Marzuki Ali mengatakan, pembagian formasi komposisi komisi dilakukan sesuai aturan tata tertib DPR yakni berdasarkan azas proporsionalitas sesuai dengan hak masing-masing fraksi berdasarkan hasil Pemilu legislatif.

“Dalam pemilihan formasi komposisi komisi dilakukan dengan cara siapa memilih apa,” kata Marzuki saat istirahat makan malam.

Hasil penetapan ketua-ketua komisi tersebut yakni:

Komisi I: Partai Keadilan Sejahtera, komisi II: Partai Golkar, komisi III: Partai Demokrat, komisi IV: Partai Persatuan Pembangunan, komisi V: Partai Amanat Nasional, komisi VI: Partai Golkar, komisi VII: Partai Demokrat, komisi VIII: Partai Kebangkitan Bangsa, komisi IX: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, komisi X: Partai Demokrat, dan komisi XI: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Selain ketua-ketua komisi, rapat konsultatif tersebut juga telah menetapkan ketua untuk lima badan kelengkapan dewan yakni, Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN): Partai Gerindra, Badan Kehormatan (BK): Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Kemudian Badan Legislasi (Baleg): Partai Golkar, Pantia Anggaran (Panggar): Partai Demokrat, dan Badan Kerjasama Antarparlemen (BKSAP): Partai Keadilan Sejahtera.

Sedangkan dua badan kelengkapan dewan lainnya yakni Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) dan Panitia Khusus (Pansus) tidak dipilih ketuanya, karena pimpinannya secara otomatis adalah pimpinan DPR.

Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Golkar, Priyo Budi Santoso mengatakan, setelah ditetapkan formasi ketua komisi, maka pengisian nama ketua fraksi akan dilakukan olah masing-masing fraksi dalam rapat pleno di internal fraksinya masing-masing.

“Nama-nama ketua komisi diharapkan sudah ditetapkan oleh masing-masing fraksi paling lambat pada Jumat (16/10) mendatang,” katanya.

Selain menetapkan ketua komisi dan badan kelengkapan, rapat konsultatif pimpinan DPR dan pimpinan fraksi-fraksi yang berlangsung secara maraton sejak pagi hingga malam, juga menetapkan formasi wakil ketua komisi dan badan kelengkapan.

Komposisi wakil ketua komisi dan badan kelengkapan tersebut yang seluruhnya ada sebanyak 48 kursi meliputi, Partai Demokrat sebanyak 13 kursi, Partai Golkar sebanyak sembilan kursi, PDI Perjuangan delapan kursi, Partai Keadilan Sejahtera lima kursi.

Selanjutnya Partai Amanat Nasional empat kursi, Partai Persatuan Pembangunan tiga kursi, Partai Kebangkitan Bangsa dua kursi, Partai Gerindra dua kursi, dan Partai Hanura dua kursi.

Anggota fraksi Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan mengatakan, penetapan pimpinan komisi dan badan kelengkapan dewan berlangsung lama karena persoalan teknis penetapan, bukan karena perdebatan yang alot antar-fraksi.

“Dialog antarfraksi berlangsung lancar tidak ada perdebatan, cuma penetapan teknisnya agar mendapatkan hasil terbaik untuk seluruh fraksi,” katanya.

Inilah Komisi di DPR

Inilah Hasil Bagi-bagi Komisi di DPR
detikcom – Rabu, Oktober 14

Sidang Pansus telah menetapkan fraksi-fraksi yang akan menduduki posisi ketua untuk tiap komisi dan alat kelengkapan DPR. Namun untuk nama-nama yang akan menjabat belum diputuskan dan akan diserahkan ke fraksi masing-masing.

“Nama-namanya diputuskan di rapat fraksi. Diharapkan Jumat sudah selesai,” kata anggota FPAN Zulkifli Hasan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (13/10/2009).

Berikut daftar komisi dan fraksi yang memimpin:

Komisi I: Partai Keadilan Sejahtera
Komisi II: Partai Golkar
Komisi III: Partai Demokrat
Komisi IV: Partai Persatuan Pembangunan
Komisi V: Partai Amanat Nasional
Komisi VI: Partai Golkar
Komisi VII: Partai Demokrat
Komisi VIII: Partai Kebangkitan Bangsa
Komisi IX: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan
Komisi X: Partai Demokrat
Komisi XI: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan

Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN): Gerindra
Badan Kehormatan (BK): Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan
Badan Legislasi (Baleg): Partai Demokrat
Pantia Anggaran (Panggar): Partai Golkar
Badan Kerjasama Antarparlemen (BKSAP): Partai Keadilan Sejahtera

Untuk posisi wakil komisi dan badan, ada 48. PD dapat jatah 13, Golkar 9, PDIP 8, PKS 5, PAN 4, PPP 3, PKB 2, Gerindra 2, dan Hanura 2.

Kesulitan Teknis

Menurut Zulkifli, penetapan fraksi pimpinan komisi dan alat kelengkapan itu memakan waktu lama karena persoalan teknis. Mengenai perdebatan antarfraksi sendiri menurutnya tidak alot.

“Yang bikin lama pembahasan teknis, karena ini sangat rumit sekali, makanya lama. Tidak alot kok, baik-baik saja,” kata mantan Ketua FPAN ini.

Selasa, 13/10/2009 22:31 WIB
Daftar Lengkap Pimpinan Komisi DPR
Hery Winarno
– detikNews

 

Jakarta – Rapat konsultasi antara pimpinan DPR dengan pimpinan fraksi yang membahas ketua dan wakil ketua komisi telah selesai. Ketua DPR Marzuki Alie mengaku bersyukur rapat berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah selesai dalam satu hari, berjalan baik, kompromi, dan sangat ikhlas,” ujar Marzuki di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (13/10/2009) malam.

Berikut daftar lengkap pimpinan komisi-komisi di DPR.

Komisi I: PKS (ketua), PD, PDIP, dan PG (wakil ketua)
Komisi II: PG (ketua), PD, PDIP, dan PAN (wakil ketua)
Komisi III: PD (ketua), PG, PKS, dan PAN (wakil ketua)
Komisi IV: PPP (ketua), PD, PG, PKB (wakil ketua)
Komisi V: PAN (ketua), PD, PG, PDIP (wakil ketua)
Komisi VI: PG (ketua), PD, PDIP, Hanura (wakil ketua)
Komisi VII: PD (ketua), PG, PDIP, PPP (wakil ketua)
Komisi VIII: PKB (ketua), PD, PG, PKS (wakil ketua)
Komisi IX: PDIP (ketua), PD, Gerindra, PPP (wakil ketua)
Komisi X: PD (ketua), PDIP, PG, PAN (wakil ketua)
Komisi XI: PDIP (ketua), PD, PG, PKS (wakil ketua)

Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN): Gerindra (ketua), PD (wakil ketua)
Badan Kehormatan (BK): PDIP (ketua), PD dan PG (wakil ketua)
Badan Legislasi (Baleg): PD (ketua), PKB, PPP, Hanura (wakil ketua)
Pantia Anggaran (Panggar): PG (ketua), PD, PDIP, PKS (wakil ketua)
Badan Kerjasama Antarparlemen (BKSAP): PKS (ketua), PD, PDIP, dan PAN (wakil ketua)
BURT: Ketua DPR (ketua), PD, Gerindra, dan PKS (wakil ketua).

Hasil pembahasan ini akan diserahkan kepada masing-masing fraksi. Selanjutnya tiap fraksi menentukan siapa yang akan menduduki jabatan ketua dan wakil ketua tersebut untuk dibawa ke rapat paripurna pada hari Senin (19/10).
(sho/Rez)

About these ads

2 Responses to “Legislatif : Susunan Pimpinan Komisi DPR RI”


  1. 1 Muhammad Yahya Rasyid
    October 26, 2010 at 10:19 am

    Assalamu Alaikum Warahmatullahi wabaraktu,
    Kalau boleh saya sarankan bahwa sebaiknya, fraksi fraksi di DPR RI dihilangkan saja, Demi mensinergikan potensi tidak terpecah Dan menghindari blok blok perwakilan rakyat, partai Ada, hanya digunakan untuk kendaraan masuk di Dewan saja, jadi ketika menjadi anggota dewan semuanya milik rakyat, bukan lagi milik par tai, agar Ada kebebasan berinspirasi, berkreasi untuk kepentingan rakyat, berfikir bukan untuk kepentingan pribadi Dan kelompok semata. Wassalam yahya

  2. 2 eka
    February 26, 2011 at 6:57 pm

    betul kata pak yahya, DRP adalah lembaga pemerintahan pusat untuk wakil rakya Indonesia berada dalam 1 tugas yaitu mensejahterakan rakyat Indonesiam bukan wakil dari partai.
    terima kasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 2,250,470 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 124 other followers

%d bloggers like this: