10
Oct
09

Bencana Alam : Meteor Jatuh di Bone, Sulawesi Selatan

Meteor telah Jatuh di Bone propinsi Sulawesi Selatan ?

Bocah nDeso Bocah nDeso

Politikana.com , Jumat, 9 Okt ’09 10:05

Hari Kamis pagi, tanggal 8 September 2009, terlihat bola api di angkasa dan jatuh ke laut di sekitar pantai Tanjung Palete yang terletak di teluk Bone, propinsi Sulawesi Selatan.

Selang 2-3 menit setelah bola api yang mengeluarkan asap menyerupai asap pesawat terbang itu, terdengar ledakan besar sebanyak 5-6 kali. Suara ledakan itu disertai guncangan yang menyerupai guncangan gempa.

Ledakan yang disertai guncangan itu menimbulkan kepanikan warga Desa Latteko, Kelurahan Pallete, Kabupaten Bone. Siswa SD pun kemudian berlari keluar sekolah, khawatir telah terjadi gempa.

Menurut BMG (Badan Meteorologi dan Geofisika) Makassar, dideteksi adanya getaran pada titik koordinat 4,68 Lintas Selatan dan 120, 09 Bujur Timur, di kedalaman sekitar satu kilometer dari atas permukaan tanah, dengan magnitude getaran sekitar 1,9 SR (Skala Richter).

Lokasi itu berada disekitar perbatasan antara kabupaten Bone dengan Wajo, sekitar 62 kilometer dari kota Sengkang. Getaran juga terasakan sampai di Kawasan Camba, Kabupaten Sidrap dan Kabupaten Bulukumba.

Peristiwa itu kemudian menimbulkan berbagai spekulasi. Ada yang menduga sebagai pesawat jatuh, namun ada pula yang menduga itu merupakan meteor, bahkan ada pula yang menduga itu merupakan sampah antariksa yang jatuh ke bumi.

Berkait dengan itu, Departemen Perhubungan maupun Danlanud (Komandan Lapangan Udara) TNI AU Sultan Hasanuddin Makassar mengkonfirmasikan bahwa tidak ada laporan perihal pesawat pesawat tempur Sukhoi maupun pesawat komersial yang jatuh.

Sedangkan pihak LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) masih belum dapat memastikan benda apa yang jatuh di teluk Bone itu. Mengingat menurut data yang didapat dari NORAD (North American Aerospace Defense Command), tidak ada benda angkasa yang terdeteksi jatuh ke wilayah Indonesia.

NORAD merupakan monitor radar milik Amerika Serikat yang memungkinkan publik dunia mengetahui jika ada benda langit yang jatuh ke Bumi. NORAD mendeteksi semua benda-benda luar angkasa baik yang artifisial maupun buatan yang masuk atau keluar Bumi.

Walau begitu, pihak peneliti di LAPAN menduga kuat bahwa benda itu adalah meteorit. Sebab saat ini tidak banyak sampah antariksa di luar angkasa, dan , tidak ada informasi tentang adanya benda jatuh buatan manusia atau sampah antariksa yang melintas di sekitar Bone.

Sementara itu, saat ini pihak Polres Bone sedang melakukan penyelidikan terhadap peristiwa itu. Penyelidikan dipimpin langsung oleh Wakapolres Bone, AKBP Dukiyanta.

Sampai saat ini, peristiwa itu masih merupakan teka-teki, juga di sementara kalangan telah menimbulkan rasa was-was.

Mengingat, selama kurun waktu 5 (lima) tahun terakhir ini telah terjadi bencana (musibah bencana alam maupun musibah bencana lainnya) yang beruntun dan saling susul menyusul hampir tak putus-putusnya.

Dalam soal bencana gempa bumi, sebagai salah satu misalnya, hampir belum pernah terjadi dalam sejarah Indonesia merdeka mengalami akumulusi gempa dengan skala besar yang rata-rata terjadinya lebih dari sekali setiap tahunnya, seperti yang terjadi dalam kurun waktu 5 tahun ini.

Terhitung semenjak tahun 2004 sampai tahun 2009 ini paling tidak telah terjadi 6 kali gempa dengan skala yang merusakkan.

Dimulai dari gempa Aceh berkekuatan 9,1 SR yang menimbulkan tsunami di tahun 2004. Menyusul gempa Nias berkekuatan 8,7 SR di tahun 2005.

Selanjutnya gempa Yogyakarta berkekuatan 6,3 SR di tahun 2006. Disusuli gempa Pangandaran berkekuatan 7,7 SR di tahun 2006.

Dilanjutkan gempa Tasikmalaya berkekuatan 7,3 SR ditahun 2009. Dilanjutkan lagi dengan gempa Padang dan gempa Jambi berkekuatan 7,6 SR di tahun 2009.

Akankah masih akan terulang di kurun waktu 5 tahun mendatang ?. Sampai kapan ?.

Melakukan persiapan antisipasi dengan mempersiapkan diri agar akrab dengan berbagai bencana, termasuk persiapan menanggulangi dampaknya memang sangat perlu dan harus merupakan prioritas yang segera.

Namun hukum-hukum alam yang merupakan Sunattullah-Nya tersebut tetap merupakan hukum-Nya yang selalu berada dibawah otoritas Kemaha Kuasaan-Nya dan tergantung kepada Kehendak-Nya dan Iradah-Nya.

Oleh sebab itu, mengapa kita tak segera bermuhasabah diri ?. Menilik ke dalam diri, mengapa selama kurun waktu ini bencana seolah sudah menjadi langganan negeri ini ?.

Dan, cara yang terbaik melakukan muhasabah diri adalah dengan menyesuaikan tingkah laku dan peri kehidupan kita dengan Hukum dan Peraturan-Nya, sembari mentafakuri dan merujuk semua peristiwa ini kepada Kitabullah, Al-Quran.

Mengingat Al-Quran diturunkan-Nya kemuka bumi ini, salah satunya adalah untuk menjelaskan kepada kita tentang hal ihwal semua perkara yang pernah terjadi pada masa lampau, masa sekarang, masa depan sampai hari kiamat nantinya.

Wallahualambishshawab.

*

Referensi Sumber Berita :

  • Ledakan Meteor Besar’, klik disini
  • Ledakan Teluk Bone masih Teka-Teki’, klik disini
  • Tak Ada Pesawat Jatuh di Teluk Bone’, klik disini
  • Lapan menduga itu adalah Meteor’, klik disini
  • Polisi masih Telusuri Sumber Ledakan’, klik disini

Referensi Artikel Terkait :

  • After 2004, Musim Panen Gempa Bumi ?’, klik disini atau disini
  • Teguran sekaligus Azab-Nya’, klik disini
  • Mengapa Terjadi Bencana ?, Tanyakan Kepada Yang Maha Ahlinya !’, klik disini
  • Masih Ragu terhadap Al-Quran ?’, klik disini
  • Anugerah & Bencana adalah Kehendak-Nya’, klik disini atau disini
  • Mentafakuri Fenomena Gempa Minang’, klik disini atau disini
  • Hikmah dibalik Gempa Padang’, klik disini

Artikel ini juga dapat dibaca di Kompasiana dengan mengklik disini

*

About these ads

16 Responses to “Bencana Alam : Meteor Jatuh di Bone, Sulawesi Selatan”


  1. 1 cinta fitnah najis
    October 11, 2009 at 8:54 pm

    yg penting bkn musibah besar lagi tuk tanah aer……yg penting giman kita skr menghentikan kegiatan tontonan pembodohan di masdyarakat secara masal oleh tv spt sinetron cinta fitnah sctv acara hipnotis merajalela di tv sumber kesyirikan sumber satangnya bencana

  2. October 14, 2009 at 11:17 am

    Bencana Baru akan Berhenti Kalo pak SBY turun dari jabatannya. Awal mula bencana semenjak pak SBY pertama kali mejabat……

  3. October 16, 2009 at 1:27 pm

    alhamdulillah kita syukurin karna bencana ini ngak ada korban, walaupun getaran ini begitu dasyat, and mengemparkan, oleh karena itu marilah kita menghargai antara sesama, dan ngak saling menuduh antara sesama moga bencana ini tak terulang lagi,

  4. 4 Indonesia
    October 16, 2009 at 2:12 pm

    Waktu kemarin ada meteor jatuh ke Bone dan artinya sebentar lagi manusia akan punah seperti Dinosaurus. Ngeri ya, Tuhan ingin ganti penghuni baru di muka bumi ini. Terus kemarin astronot Amerika menemukan Planet Corot-7B mirip bumi, menurut saya planet itu gantinya bumi dan di planet itu yang akan datang berjuta-juta tahun akan ada banyak Nabi lagi seperti di bumi. Makanya kita harus ke sana agar mahkluk2 di planet itu harus sepintar manusia.

  5. October 21, 2009 at 12:07 pm

    ya allah.knpa hrs ada bencana di bone.nknpa ada mitos bahwa bone akan terkena tsunami pada prediksi tnggl 24-28 ini..????ya allah ku mohon jngn lah km berikan bencana alam di tempatq berada sekarang…amin…????

  6. 6 yaya
    October 27, 2009 at 1:03 am

    fenomena alam….tp perlu diketahui setiap meteor yg jatuh kebumi tdk pernah jatuh ditempat yg berpenduduk…kebanyakan digurun atau dilaut…aneh ya?…ya itulah yg diAtas memang sudah mengatur tata surya kita sedemikian baik. seperti letak bumi yg pas dr jarak matahari…hingga manusia bs hidup dibumi. aneh kalau ada yg bilang ada planet lain yg bs di tinggali manusia…karna hanya bumi yg paling lengkap. kesian NASA yg buang2 uang hanya utk mencari planet lain utk ditinggali…:p

  7. November 4, 2009 at 8:46 am

    ih seem banget ya?itu cuma satu bola yang jatuh apalagi kalau 10 bola,ga kepir ama kita bumi mau jadi apa kalau meteor jatuh 10 bola naujubillah himin zalik?ya mudah mudahan ga ada lagi musibah kaya gih amin ya robbal alami…….

  8. 8 wardah
    November 15, 2009 at 2:52 pm

    ihhhh…smoga bencana ini gak jatuh pada kita

  9. November 19, 2009 at 10:01 am

    Masya Alloh…. serem!!! Takut… bercampur2. oya masa ada planet yang menyerupai bumi? hmmmm coba infonya kirim ke e-mail q ya sonia_rabbany@yahoo.co.id atau kasih tau ke no.02276814941

  10. 10 robertel
    December 5, 2009 at 10:40 am

    masya allah…..mungkin dengan adanya kejadian-kejadian yang melanda bangsa kita seperti:makin banyaknya meteor yang berhasil menumbuk bumi.gempa bumi dan bencsna lain yang makin hari makin banyak dan dahsyat.mungkin aja kejadian2 tsb menjadi peringatan bagi kita smua.meteor yang jatuh di teluk bone mungkin masih berukuran yahhh….bisa di bilang rlatif kecil.itu aja dah membuat sluruh dunia gampar dan ketakutan.

  11. 11 akufirda wati
    February 11, 2010 at 5:55 pm

    masya allah knpa bsa terjadi di hatiku bercampur ngak percaya meteor bsa jtuh ke bumi dan aku jhujha percaya meteor jatuh kebumi aku harus pilih mna nic……………………………………………..aku tkut sekali bsa jtuh ke provinsi aku…….. mudah2an semua bencana2 tdk ada di provinsi aku aminnnnnnnnnnnnn yarabbal alaminnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

  12. April 17, 2010 at 2:23 am

    sudah saatnya kalian semua berfikir…bukan saling mencela atau menghina,dunia sudah semakin tua..mari kita susun barisan mengintropeksi diri apa yang telah salah pada diri kita masing2.tuhan tidak lama lagi akan memerintahkan sesuatu untuk menghancurkan keimanan dan ketakwaan kita..bersiaplah hidup dengan kesukaran dan kesusahan namun jiwa kita harus tetap ikhlas akan pemberian tuhan kepada kita sebagai makhluknya yang hina…

  13. 13 G Vikry
    April 30, 2010 at 7:23 pm

    meteor harganya mahal lo…
    sebesar bola besbol bisa mencapai us$5000,-

    bayangkan kalo di jadiin rupiah!

  14. 14 roni ramdan
    May 3, 2010 at 7:45 pm

    knp skrg bnyk meteor jatuh kbumi ya?

  15. 15 abie
    May 6, 2010 at 7:56 pm

    semua bencana yg menimpa mahluk dibumi adalah rencana sang pencipta,
    semua itu teguran tuk kita.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 2,103,670 hits

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 114 other followers

%d bloggers like this: