31
Jul
09

Pemanasan Global : Dunia Makin Panas, Ukuran Binatang Mengecil

Dunia Makin Hangat, Ukuran Binatang Mengecil
Rabu, 22 Juli 2009 | 08:42 WIB

KOMPAS.com — Perubahan iklim ternyata berdampak pada sejumlah spesies di berbagai penjuru dunia, mulai dari beruang kutub di Arktik hingga terumbu karang di laut tropis.

Dua perubahan ekologis yang tercatat adalah beberapa spesies—hewan ataupun tumbuhan—berpindah ketinggian juga berpindah derajat lintang mencari suhu yang sesuai. Perubahan lain yaitu siklus hidup sejumlah spesies berubah serta musim bunga dan migrasi burung-burung telah bergeser waktunya.

Sekarang ada perubahan ketiga, yaitu meningkatnya suhu bumi diiringi dengan mengecilnya ukuran organisme—baik ukuran komunitas maupun ukuran individu.

Hal itu diungkapkan pemimpin tim peneliti Martin Daufresne dari Cemagref Aix-en-Provence, lembaga penelitian milik Pemerintah Perancis. Hasil studi ini akan dimuat di jurnal ilmiah Proceedings of the National Academy of Sciences.

Penelitian dilakukan jangka panjang pada komunitas di perairan, meliputi bakteri, fitoplankton serta ikan yang hidup di sungai, danau, dan lautan. Menurut Daufresne, kelompok ikan di sungai-sungai di Perancis berkurang jumlahnya lebih dari 60 persen dalam penelitian selama dua dekade. (ISW)

Sumber : LIVESCIENCE

About these ads

6 Responses to “Pemanasan Global : Dunia Makin Panas, Ukuran Binatang Mengecil”


  1. 1 farah
    November 11, 2009 at 7:00 am

    good!!!!!!!!!!!

  2. February 13, 2010 at 1:09 pm

    napa cih dunia ni makin panas? apkah yang akan terjadi pada dunia kita? apkah kita akan diam sementara dunia ni udah makin tua? harusnya kita lakukan penghijauan bertahap dong jangan hanya diem aza,oke!! sotp global worming ang hentikan efek rumah kaca,yes!!!

  3. 3 sweety
    March 27, 2010 at 1:59 pm

    astaghfirullah………..smOga niH biZa jaDie peLAjaran wat qta

  4. 4 Jurayner12
    March 29, 2010 at 11:49 am

    aku harap semua manusia hentikan

  5. 5 Vycks
    October 16, 2010 at 5:05 pm

    Panas…!!!

  6. 6 ahmad shabri
    July 23, 2011 at 8:40 pm

    SURAT UNTUK PENDUDUK BUMI.
    Dengan hormat,
    Bersama ini kami sampaikan apa yang dapat dilakukan apabila bencana pemanasan global mencapai puncaknya beserta solusinya. Pemanasan Global akan mengakibatkan terjadinya musim kemarau yang panjang. Dampak negatif yang akan terjadi dari pemanasan global adalah:
    1. hanya tersedia air laut yang ASIN yang akan digunakan untuk berbagai macam keperluan,
    2. disertai dengan bumi yang sangat KERING DAN PANAS,
    3. ditambah dengan MINIMNYA sumber MAKANAN,
    4. yang mengakibatkan KEKURANGAN GIZI akut,
    5. berlanjut dengan KECACATAN fisik serta mental atau idiot,
    6. belum berhenti disitu TERJADI KETIDAK BEDAYAAN sehingga orang lebih lemah dari pada makhluk lainnya.
    Sebagai solusi untuk mengatasinya:
    1. Hal utama yang harus dilakukan adalah membuat sungai berliku-liku ditengah laut berupa bendungan untuk peyediaan air tawar sebanyak mungkin. Itu untuk persiapan apabila sewaktu-waktu musim kemarau panjang terjadi secara mendadak. Sehingga dengan adanya cadangan air yang cukup banyak maka pembangunan lainnya dapat dilanjutkan walaupun ditengah musim kemarau yang panjang tersebut.
    2. Disamping itu dalam jangka panjang, mengeringkan air laut ditempat-tempat tertentu dengan bertahap adalah salah satu cara untuk menciptakan lembah-lembah yang subur untuk lahan pertanian.
    3. Selain itu bumi perlu diratakan dengan ketinggian yang sama dengan permukaan air laut. Dengan demikian air laut yang sudah disaring secara alami dari garam dengan jumlah sangat besar, dapat dengan mudah dialirkan kedaratan dengan irigasi tehnis 100%. Air itu akan digunakan untuk mengairi hutan buatan serta lahan pertanian. Hutan buatan dibangun untuk menutupi daerah terbuka untuk mencegah terjadinya fatamorgana yang akan berpotensi menyala menjadi api, disamping juga untuk menurunkan suhu udara dengan maksimal.
    4. Dulu memindahkan gunung hanyalah sebuah ungkapan. Nanti memidahkan gunung kedalam laut harus benar-benar dilakukan untuk mencegahnya agar tidak menyala. Itulah jalan yang lurus walau hampir mustahil untuk ditempuh…
    Biaya untuk pembangunannya memang cukup besar. Biaya itu digunakan untuk membangun infrasturuktur dan innovasi tehnologi yang harus efisien dan efektif serta ramah lingkungan. Mendirikan lembaga keuangan, seperti asuransi merupakan solusi yang tepat untuk penggalangan dana pembangunannya.
    Kami mencari investor untuk mengembangkan lembaga keuanggannya yang akan memiliki peluang usaha yang sangat luar biasa ini berupa sebuah badan Asuransi. Jangan segera hunbungi kami jika anda masih ragu. Tapi apabila sebaliknya jangan terlambat segera hubungi HP: 081282009170.

    Demikianlah surat ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. Atas perhatiaannya kami ucapkan terima kasih. Hormat kami


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 2,244,891 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 124 other followers

%d bloggers like this: