20
May
09

5R – Ringkas, Rapi, Rawat, Resik, Rajin

Selasa, 19 Mei 2009 | 11:57 WIB

Laporan wartawan KOMPAS Kris R Mada

SURABAYA, KOMPAS.com — Produktivitas Indonesia menempati urutan ke-59 dari 61 negara. Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi menyiapkan sejumlah langkah untuk memacu produktivitas.

Direktur Produktivitas Depnakertrans Yunani Roadiah mengatakan, survei itu cukup mengejutkan. Namun, hal itu bisa jadi pemacu untuk meningkatkan produktivitas. “Dalam situasi sekarang, produktivitas memang mutlak ditingkatkan, ” ujarnya di Surabaya, Selasa (19/5).

Pihaknya menyiapkan sejumlah langkah untuk memacu itu. Depnakertrans antara lain menyiapkan pedoman insentif produktivitas. Insentif diberikan kepada perusahaan yang sudah mampu membayar di atas UMK. “Insentif ini dilandasi asas keadilan. Orang yang berproduktivitas tinggi layak mendapat insentif lebih tinggi dari yang tidak,” ujarnya.

Pihaknya juga mendorong penerapan 5R (ringkas, rapi, rawat, resik, dan rajin). Penerapan prinsip pengelolaan lingkungan kerja yang diadopsi dari Jepang itu bisa meningkatkan efisiensi dan produktivitas. “Dalam prinsip ini antara lain tata letak mesin produksi yang sesuai untuk menunjang produktivitas, ” ujarnya.

Depnakertrans juga menyiapkan pedoman peningkatan produktivitas untuk instansi pemerintahan. Penerapan pedoman itu juga untuk memenuhi asas keadilan. “Kalau swasta dipacu produktif, sudah sepantasnya pemerintah juga,” ucapnya.

About these ads

0 Responses to “5R – Ringkas, Rapi, Rawat, Resik, Rajin”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 2,149,685 hits

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 117 other followers

%d bloggers like this: