22
Nov
08

Penjelasan UUD Negara Republik Indonesia, Tetap Eksis

 

LINTAS ADVOKASI POLITIK & HUKUM INDONESIA

 

 

Terbetik pendapat dari artikel Sekitar Perobahan UUD 1945 [Ridwan Saidi, Harian Umum PELITA 27 Pebruari 2006] bahwa menghilangkan sama sekali Penjelasan UUD Negara RI sebagaimana disahkan oleh PPKI tanggal 18 Agustus 1945 menyebabkan kedudukan idiologi Pancasila dalam Konstitusi menjadi tidak jelas, disamping tidak jelas juga pandangan hukum bangsa dan penghayatannya terhadap kekuasaan.

 

Padahal kalau dicermati dengan sungguh-sungguh, maka dokumen Penjelasan UUD Negara RI termaksud diatas telah dimuat pada Berita Repoeblik Indonesia Tahoen II No. 7, 15 Febroeari 1946 dan kemudian dimuat kembali pada Lembaran-Negara Republik Indonesia No. 75, 1959 (ejaan OE menjadi ejaan U), sebagaimana dapat dibaca dari Lampiran XI dan XII pada buku Lahirnya Undang-Undang Dasar 1945 susunan R. M. Ananda B. Kusuma, Dosen Sejarah Ketatanegaraan dan Pendidikan Kewarganegaraan Fakultas Hukum Universitas Indonesia [ISBN 979-8972-28-7]. Kedua dokumen tersebut diatas ternyata tidak diatur secara konstitusional pada amandemen UUD45 [10 Agustus 2002] sebagaimana dapat diindentifikasi pada Aturan Tambahan, Pasal II yakni “Dengan ditetapkannya perubahan Undang-Undang Dasar ini, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 terdiri atas Pembukaan dan pasal-pasal”. Dengan lain perkataan, sesungguhnyalah status hukum Pendjelasan Tentang Undang-Undang Dasar Negara Indonesia itu adalah seharusnya kini tetap berlaku mengatur dan mengikat, lazimnya dalam bahasa latin disebut ius constitutum (hukum yang berlaku pada saat ini).

 

Oleh karena itulah, amanat-amanat yang tersurat pada Pendjelasan Tentang Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia itu sepatutnya senantiasa ditunduki oleh segenap warganegara Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam rangka memaknai kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang sehat.

 

Dalam pengertian itulah, faktanya hanya Batang Tubuh UUD yang dalam praktek kekinian ketatanegaraan telah mengalami perobahan, sementara baik Pembukaan UUD maupun Penjelasan UUD justru sama sekali tidak mengalami perobahan, atau dengan lain perkataan, sekiranya makna dan hakekat yang terkandung dalam beberapa materi pada Batang Tubuh UUD yang kini berlaku kemudian dirasakan memiliki benturan-benturan pengertian yang demikian mendasar terhadap baik Pembukaan UUD maupun Penjelasan UUD, maka materi-materi terkait pada Batang Tubuh UUD tersebut sudah sepatutnya dikoreksi kembali atau diluruskan sehingga sesuai dengan jiwa, semangat dan nilai-nilai yang terkandung pada baik Pembukaan UUD maupun Penjelasan UUD.

 

Bahkan dapat ditelusuri kembali saat-saat ketika amandemen UUD itu dilakukan antara lain bahwa ada pernyataan “bilamana perlu namanya boleh saja diberi sebutan sebagai UUD 1945, tetapi statusnya sama sekali sebagai naskah baru UUD, yang sudah tidak lagi disertai dengan Penjelasan” [Pengantar Pemikiran Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia, The Habibie Center, Juli 2001]. Dengan lain perkataan, adalah sudah menjadi kesepakatan diam-diam saat itu bahwa dokumen Penjelasan UUD Negara Republik Indonesia sebagaimana terakhir muncul pada Lembaran Negara Republik Indonesia tidak diberi perlakuan tertentu dalam tatacara amandemen UUD [2000 – 2002].

 

Bagaimanapun, sepatutnya diakui betapa jeniusnya para “founding fathers” kita itu yang telah dengan sengaja mengatur judul Penjelasan UUD Negara Republik Indonesia berbeda dengan sistimatika judul UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 disusul Pembukaan dan UUD (Batang Tubuh), boleh jadi sebagai wujud jiwa Kenegarawanan. Untuk hal ini, sebagai generasi penerus, marilah kita bersama memanjatkan syukur ke hadlirat Allah SWT.

 

Jakarta, 28 Pebruari 2006

 

Pandji R. Hadinoto

Koordinator, Lintas Advokasi Politik & Hukum Indonesia

eMail : laphi45@yahoo.com

 

About these ads

0 Responses to “Penjelasan UUD Negara Republik Indonesia, Tetap Eksis”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 2,310,954 hits

Recent Comments

Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Kepemimpinan : Satrio Piningit…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…
Ratu Adil - 666 on Sejarah : Bangsa Lemuria, Lelu…

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 130 other followers

%d bloggers like this: